PemerintahanPendidikan

Senator AA Gde Agung Serap Aspirasi di Undiksha Singaraja

AA Gde Agung, anggota Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) melakukan serap aspirasi terkait Undang Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan ke Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Bali yang merupakan universitas yang terkemuka di Bali Utara, Selasa (4 Januari 2022).

 

 

SINGARAJA, Balipolitika.com- Anak Agung Gde Agung, anggota Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia menyatakan pentingnya perpustakaan dalam menciptakan sumber daya manusia yang tangguh di tengah era globalisasi. Senator Anak Agung Gde melakukan serap aspirasi terkait Undang Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan ke Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Bali yang merupakan universitas yang terkemuka di Bali Utara, Selasa (4 Januari 2022). Serap aspirasi diterima langsung oleh Ketua Senat, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Hubungan Masyarakat dan Alumni, Kepala UPT Perpustakaan beserta pejabat di lingkungan Universitas Pendidikan Ganesha. Dalam acara ini pula turut hadir organisasi kemahasiswaan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) seperti Ketua dan Sekretaris BEM REMA, Ketua dan Sekretaris MPM, Ketua Forkom Bidikmisi dan Ketua BEM Fakultas.

 

Rektor Undiksha dalam sambutannya yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswan, Hubungan Masyarakat dan Alumni menyampaikan terima kasih atas kunjungan kerja dan serap aspirasi terkait perpustakaan dari Anggota DPD RI Perwakilan Bali Bapak Anak Agung Gde Agung yang membidangi lingkup pendidikan maupun perpustakaan. Selain itupula atas nama Rektor Undiksha menyampaikan terima kasih kepada atas rekomendasi Anak Agung Gde Agung (Anggota Komite III DPD RI) yang memberikan kesempatan kepada Undiksha serta mengawal usulan proposal hibah buku dari Perpustakan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia.

 

Anak Agung Gde Agung, Anggota DPD RI yang duduk di Komite III menyampaikan pentingnya perpustakaan saat ini karena mampu menjadi jendela dunia bagi generasi muda khususnya para mahasiswa dengan ikut memenuhi kebutuhan dari pemustaka (pengguna) seperti pelayanan berbasis digital. Universitas Pendidikan Ganesha merupakan perguruan tinggi yang sangat terkait dengan sejarah pendidikan guru di Indonesia yang bertugas mendidik maupun mencetak para calon guru. Salah satu factor penunjang dalam mewujudkan kualitas sumber daya manusia Universitas Pendidikan Ganesha adalah perpustakaan yang dimilikinya.
Dalam kesempatan ini pula Senator Anak Agung Gde Agung yang juga penglisir Puri Ageng Mengwi mengapreasi kepada Universitas Pendidikan Ganesha mampu mengimplementasi dengan baik motto yaitu “Dharmaning sajjana umerdhyaken widyaguna”, yang artinya: kewajiban orang bijaksana adalah mengembangkan ilmu pengetahuan dan pekerti.

 

Sesi tanya jawab yang disampaikan oleh beberapa peserta diantaranya terkait permasalahan peningkatan kualitas Gedung perpustakaan yang dipandang perlu adanya pengembangan dalam menampung jumlah pemustaka lebih banyak saat berkunjung. Selain itupula diharapkan Perpustakaan Undiksha mampu menjadi icon perpustakaan di Bali Utara menginggat banyaknya perguruan tinggi baik dari dalam negeri maupun luar negeri datang melakukan kunjungan kerja ke perpustakaan. Usulan tersebut langsung mendapatkan tanggapan dari Senator Anak Agung Gde Agung dengan menyetujui usulan Perpustakaan Undiksha sebagai Icon Bali Utara menginggat hanya terdapat satu perguruan tinggi negeri di Buleleng, sedangkan untuk usulan mengawal hibah bangunan yang bukan menjadi ranah Komite III DPD RI akan mencoba melakukan koordinasi dengan leading sector terkait masalah tersebut agar mampu terpenuhi harapan pengembangan Gedung perpustakan,
Diakhir acara penyerahan Buku Empat Pilar Kebangsaan dari Anak Agung Gde Agung kepada Undiksha Bali yang diterima langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Hubungan Kerjasama dan Alumni. (dah/bp)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker