Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

PHP AHY, Anies-Muhaimin Dideklarasikan di Surabaya

MENGAPIT SURYA PALOH: Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan (kiri) bersama pasangannya yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 2 September 2023.

 

SURABAYA, Balipolitika.com Sempat mengirim surat bertuliskan tangan “melamar” Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY sebagai pasangan dalam mengikuti Pilpres 2024 pada 25 Agustus 2023, tak sampai seminggu Anies Rasyid Baswedan berpaling ke lain hati. 

Pada Selasa malam, 29 Agustus 2023, di Nasdem Tower, secara sepihak Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh tiba-tiba menetapkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai Cawapres Anies, tanpa sepengetahuan Partai Demokrat dan PKS. 

Malam itu juga, Capres Anies dipanggil oleh Surya Paloh untuk menerima keputusan itu. Sehari kemudian, 30 Agustus 2023, Capres Anies dalam urusan yang sangat penting ini, tidak menyampaikan secara langsung kepada pimpinan tertinggi PKS dan Partai Demokrat, melainkan terlebih dahulu mengutus Sudirman Said untuk menyampaikannya.  

Singkat cerita, pada Sabtu, 2 September 2023, pasangan dadakan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendeklarasikan diri sebagai bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk menghadapi Pemilu 2024 di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur.

Acara deklarasi dihadiri Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, serta ratusan pengurus dan kader Partai NasDem dan PKB.

“Anies adalah cendekiawan intelektual yang diyakini mampu memberi suasana kepemimpinan baru ke depan. Muhaimin seorang piawai, organisatoris ulung, bergerak di dunia pergerakan cukup lama,” puji Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Melalui akun fanspage resminya, Anies Baswedan menulis bahwa deklarasi dirinya sebagai capres bersama pasangannya Cak Imin sekaligus mengirimkan pesan kepada rakyat Indonesia menuju kesejahteraan. 

“Alhamdulillah, dari Kota Pahlawan kita kirimkan pesan, Koalisi Perubahan untuk Persatuan bukan sekadar melanjutkan atau tidak, tapi soal menunaikan janji kemerdekaan. Perjuangan kakek kami 78 tahun lalu untuk menggulung kolonialisme, perjuangan kita hari ini untuk menggelar kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia,” tulisnya.

“Selamat bergabung Partai Kebangkitan Bangsa di Koalisi Perubahan Untuk Persatuan, dan Gus A Muhaimin Iskandar sebagai Bakal Calon Wakil Presiden. Mari bergandengan tangan, mendaki bersama menjemput kebaikan untuk bangsa Indonesia. Insya Allah kita bisa melangkah lebih cepat, bergerak lebih solid, untuk Indonesia lebih maju, lebih adil,” ungkap Anies Baswedan. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!