EkbisPemerintahanSosial

Puncak Pelaksanan APEKSI Out Look 2021 di Kota Denpasar

Jaya Negara Harapkan Sinergitas Antar Kota Untuk Bangkit Dari Keterpurukan Akibat Pandemi Covid 19

APEKSI : Sejumlah pimpimnan Wali Kota hadiri APEKSI Out Look 2021 di Hotel Segara Village, Sanur berlangsung pada Sabtu (18/12)

 

DENPASAR, BaliPolitika.com  – Pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Outlook 2021 berlangsung di Kota Denpasar. Kota Denpasar menjadi tuan rumah pelaksanaan APEKSI Ouutlook tahun 2021 .
Keberlanjutan pertemuan APEKSI yang dihadiri 42 Wali Kota seluruh Indonesia yang dipusatkan di Hotel Segara Village, Sanur berlangsung pada Sabtu (18/12). Sejak pagi telah berlangsung pertemuan APEKSI dalam kegiatan olahraga, pameran kerajinan dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) masing-masing kota. Hadir langsung dalam kegitan ini, Ketua APEKSI yang juga Wali Kota Bogor, Bima Arya, Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, Wakil Wali Kota I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Wakil Ketua DPRD Wayan Mariana Wandira Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Denpasar.

 

Pembahasan tentang tantangan dalam msa pandemi covid-19 juga dilaksanakan dari masing Koordinator Wilayah APEKSI. Diantaranya dari Koordinator Wilayah 1 APEKSI dari Wali Kota Medan, hingga Koordinator Wilayah 6, Wali Kota Tidore Kepulauan.

Ketua APEKSI, Bima Arya menyampaikan pelaksanana APEKSI Outlook 2021 di Bali sebagai bentuk dukungan bersama untuk masyarakat Bali dalam situasi pandemi saat ini.

 

“Kita berada di sini memberikan dukungan dan memberikan hati kita untuk Bali. Dari pandemi covid 19 kita belajar banyak dan pelajaran yang berharga bahwa untuk mengahdapi krisis diperlukan kebersamaan dan bersinergi dalam menghadapi masa sulit ini sehingga bisa bangkit bersama ,” ujar Bima Arya.

 

Disampaikan pula bahwa Apeksi menjadi sumber pertimbangan pemerintah pusat dalam mengambil kebijakan kedepan. “Terima kasih kepada Bapak Wali Kota Denpasar sudah bekerja keras bergotong royong mempersiapkan pertemuan ini,” ujarnya.

Sementara Wali Kota Denpasar Jaya Negara mengucapkan selamat datang di Kota Denpasar dan terimakasih atas sinergitas dari kepala daerah anggota APEKSI. “Kami menghrapkan sinergitas ini dapat terus berlanjut dalam memajujan masing-masing kota terlebih dalam situasi pandemi saat ini dengan semangat bersama dapat kelur dari keterpurukan pandemi,” ujar Jaya Negara.

Dijelaskan pula bahwa Kota Denpasar sebagai ibu kota Provinsi Bali sangat terdampak pada masa pandemi, karena perekonomian yang menghandalkan pariwisata. Sehingga dalam pertemuan APEKSI ini kita dapat bersinergi bersama mencari solusi dalam usaha peningkatan perekonomian masyarakat dalam masa pandemi.

Sementara Wali Kota Medan, Bobby Nasution menyampaikan bahwa saat ini penyebaran covid hampir diseluruh wilayah di Indonesia sudah mulai melandai. Fokus kita sebagai kepala daerah saat ini bagaimana dalam pengembalian ekonomi yang selama ini terpuruk dalam masa pandemi covid-19. “Terkhusus pelaku usaha dengan posisi pemerintah daerah harus turun tangan terutama para pelaku UMKM. Perlu kita lihat dari sisi pemerintah yang perlu kita bantu adalah kepastian, hal ini juga sesuai dari selogan UMKM bisa naik kelas tentunya harus didukung juga dari lembaga keuangan untuk membantu para UMKM,” ujarnya.

 

Dalam pertemuan ini juga dilaksanakan talkshow dari Ketua Dekranasda Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara terkait tantangan UKM/IKM Denpasar dalam masa pendemi covid-19. Disamping itu juga mengahdirkan pembicara dari pakar ekonomi dan pakar politik yakni Masyita Crystallin dari Staf Khusus Kementerian Keuangan, dan Yunarto Wijaya dari Direktur Eksekutif Charta Politika. (dah/bp)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker