Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Kesehatan

BEM FKH Unud Vaksin dan Steril Anjing dan Kucing Liar

PELIHARAAN SEHAT: Bidang Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Udayana (Unud) melalui program kerja VEACE atau Veterinary Aware and Care.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Bidang Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Udayana (Unud) melalui program kerja VEACE atau Veterinary Aware and Care, BEM FKH UNUD mengadakan kegiatan Vaksinasi dan Sterilisasi untuk anjing dan kucing liar. Pada kegiatan kali ini, kami berkolaborasi dengan “Yayasan Seva Bhuana” yang sudah berpengalaman dan bergerak dibidang sterilisasi, vaksinasi, dan edukasi untuk masyarakat Bali, Kamis, 15 Juni 2023

Tujuan daripada dilaksanakannya kegiatan ini yaitu sebagai bentuk kepedulian kami sebagai mahasiswa FKH untuk ikut serta menekan pertumbuhan anjing dan kucing liar di Bali.

Telah tercatat pada tahun 2022, kasus over populasi anjing dan kucing di Bali saat ini sudah semakin memprihatinkan, bahkan telah tercatat 690 kasus rabies di Provinsi Bali yang mana merupakan salah satu dampak dari over populasi. kami menawarkan solusi bantuan berupa sterilisasi dan vaksinasi gratis untuk anjing dan kucing liar atau yang ditelantarkan untuk menekan jumlah populasi dan pada akhirnya kami berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp2.200.000 dari hasil Open Donation dan membuka laman donasi pada aplikasi Kitabisa.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 WITA yang diawali dengan briefing para volunteers, lalu dilanjutkan menuju ke lokasi yang bertempat pada Pasar Anyar Sari, Ubung, Denpasar dan bertemu dengan pihak “Yayasan Seva Bhuana” dengan team nya yang sudah profesional dalam bidang sterilisisasi dan vaksinasi rabies. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pelacakan anjing/kucing liar yang dilakukan oleh volunteers dibantu dengan tim ahli Yayasan Seva Bhuana dan berhasil menangkap  7 ekor anjing dan 5 ekor kucing untuk disterilisasi, tak hanya melakukan kegiatan sterilisasi, empat dari tujuh anjing yang berhasil dilakukan sterilisasi pun diberikan vaksinasi oleh pihak Yayasan Seva Bhuana. Kegiatan ini dihadiri oleh 8 orang volunteers, Ketua BEM FKH, dan Wakil Ketua BEM FKH.

“Seru, belajar banyak hal baru tentang vasektomi kucing dan anjing. Dari kegiatan ini juga belajar banyak soal kerja di lapangan secara langsung”, ungkap Mira selaku salah satu dari volunteer di kegiatan sterilisasi dan vaksinasi (VEACE).

Kegiatan VEACE ini tidak akan akan berjalan dengan lancar apabila tidak mendapatkan dukungan dari berbagai pihak yang ada. Kami sangat berharap agar kegiatan sterilisasi ini dapat menjadi agenda rutin dari Pengmas BEM FKH setiap semesternya. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!