Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Kunjungi Desa Dalung, Bupati Badung Serahkan Bantuan Stimulus UMKM kepada Masyarakat yang Memiliki Usaha/UMKM

KUNJUNGAN : Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan bantuan tahap ke dua sekaligus mengunjungi masyarakat Desa Dalung yang memiliki usaha/pelaku UMKM (19/12/2021).

 

DALUNG, BaliPolitika.com (19/12/2021) – Perwakilan masyarakat Desa Dalung yang memiliki usaha/pelaku UMKM yang telah didaftarkan menjadi penerima bantuan UMKM menyambut antusias, kegiatan penyerahan bantuan secara langsung kepada UMKM dalam rangka Pemulihan Ekonomi di Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara tahap II diserahkan langsung oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, S.Sos, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, S.H., Ketua DPRD Kabupaten Badung Dr. Drs. I Putu Parwata MK., M.M., Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Badung A.A Ngurah Arimbawa, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Badung I Made Widiana, S.Sos., M.Si, Camat Kuta Utara I Putu Eka Parmana, S.STP., M.M beserta Ka.Si PMD Kecamatan Kuta Utara, Perbekel dan Lurah se- Kecamatan Kuta Utara, adapun dari Desa Dalung hadir Perbekel Dalung I Gede Putu Arif Wiratya, S. Sos, Ketua BPD Desa Dalung I Nyoman Suparna, S.Pd, Sekretaris Desa Dalung I Made Trimayasa, S.E, Ka.Si Kesra Desa Dalung I Wayan Gede Trinia Wijaya, S.E., Bendesa Adat Padang Luwih I Gusti Ngurah Oka Suradarma, Kelian Banjar Dinas se – Desa Dalung, Satgas Gotong Royong Pencegahan Covid-19 Desa Adat Padang Luwih, serta perwakilan penerima bantuan UMKM di Kecamatan Kuta Utara, bantuan ini diserahkan secara simbolis bekerjasama dengan Bank BPD Bali, dengan catatan yang memperoleh dana stimulus ini setelah melalui tahap validasi dan verifikasi di lapangan. Kegiatan ini diatensi oleh Polsek Kuta Utara, Polisi Pamong Praja, Babinsa serta Bhabinkamtibmas Desa Dalung bertempat di Wantilan Kerta Kencana Pura Desa lan Puseh Desa Adat Padang Luwih. Selama kegiatan berlangsung aman kondusif dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

 

Bupati Badung dalam sambutannya, mengatakan kepada penggiat UMKM di Kecamatan Kuta Utara, bantuan stimulus terhadap UMKM yang ada di Kabupaten Badung, sesuai dengan arahan pemerintah pusat, yang pertama dalam situasi pandemi covid-19 telah dilakukan paripurna vaksinasi covid-19, dan saat ini program vaksinasi dilanjutkan bagi anak-anak yang berusia 6-11 tahun mendapatkan vaksinasi, sinergitas tokoh masyarakat sangat diperlukan agar tetap mengimbau menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan tetap kita lakukan. Dalam segi pencegahan penerapan 3T Testing, Tracing, Treatment sudah kita lakukan sampai ke tingkat dasar di desa/kelurahan, mengenai ada nya varian baru ini, kita berupaya untuk selalu mengantisipasi dan kepada masyarakat jangan terlalu dipikirkan yang paling taat prokes dan selalu menjaga kesehatan. Kita di Kabupaten Badung seluruh tokoh masyarakat harus kompak dan bersatu, kemudian berkaitan dengan bantuan UMKM ini berkoordinasi dengan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Badung untuk benar-benar melakukan cleansing data, dengan melaksanakan ini sekaligus kami bisa melakukan pendataan konkret disemua lini baik jumlah penduduk, jumlah remaja, laki-laki, perempuan kita bisa mengetahuinya, seperti pepatah mengatakan “Memang susah ketika kita berbicara tentang data, tetapi lebih fatal lagi ketika kita berbicara tanpa data”. Bantuan stimulus UMKM ini agar dipergunakan dengan layak, karena kedepannya kita akan memasuki ekosistem digital, siapa yang menguasai ekonomi dialah yang menjadi pemimpin, dengan usaha yang sama, agar kita bersatu. “Kalau ada yang tercecer, di data kembali dengan satu catatan jangan sampai yang sudah dapat bantuan baik dari Kementerian Sosial, BPNT, dll, meminta kembali. Harapannya kalau kita bersatu, setengah perjuangan kita berhasil, sebaliknya jika tidak bersatu setengah perjuangan gagal,” Pungkasnya.

 

Perbekel Dalung ditemui disela-sela kegiatan mengatakan hal ini sesuai dengan program bapak Bupati Badung, Pemerintah Kabupaten Badung yang diteruskan melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung untuk UMKM khususnya di Desa Dalung, melalui bantuan UMKM ini bapak Bupati Badung tidak menginginkan adanya masyarakat yang sampai ekonominya tidak bisa untuk menghidupi dirinya/keluarganya sendiri, sehingga melalui usahanyalah yang akan bisa di gerakan “Saya harapkan saat masyarakat membutuhkan untuk membangkitkan usahanya karena terdampak pandemic covid-19, pemerintah bisa hadir melalui bapak Bupati Badung memberikan bantuan kepada masyarakat, terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya saya sampaikan,” Ungkapnya. Saya juga berpesan untuk UMKM supaya jangan disalahgunakan, agar apa yang diberikan benar-benar dipergunakan sebaik-baiknya, untuk memenuhi kebutuhan/keperluan untuk menunjang usaha tersebut. Apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung melalui Bapak Bupati Badung, Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung, serta DPRD Kabupaten Badung yang telah merealisasikannya kepada masyarakat. (KIMDLG-002/dah/bp).

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!