Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

humanismeKesehatan

Ny. Putri Koster Gandeng YKI Bali Bersinergi Sosialisasi Pencegahan Kanker di Bali

BERSINERGI : Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster gandeng Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Bali dalam Sosialisasi Pencegahan Kanker di Bali.

 

 

DENPASAR, BaliPolitika.com – Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster sangat mengapresiasi program-program dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Bali dalam membantu masyarakat Bali yang terkena penyakit kanker. Ia pun mengajak YKI untuk bersinergi dan bekerjasama menjalankan program-program dengan TP PKK ke depan.

 

Demikian disampaikannya saat menerima rombongan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Bali yang dipimpin oleh Ketua Bidang Pendidikan dan Penyuluhan, Dr. dr. Tjok Dharma Yudha, bertempat di Kediaman Resmi Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar, Rabu (15/12).

 

Dalam kesempatan tersebut, pendamping Gubernur Bali itu pun mengatakan jika banyak program-program YKI yang sejalan dan berhubungan dengan kegiatan PKK. “Selama ini di TP PKK, kita memfokuskan kegiatan berupa sosialisasi dan aksi ke lapangan. Jadi kita bisa berkolaborasi di dua kegiatan tersebut,” jelasnya.

 

Lebih lanjut, ia pun mengatakan selama ini dalam program menyapa dan berbagi dengan masyarakat TP PKK sering mengadakan aksi sosial langsung ke tengah-tengah masyarakat. Dalam aksi sosial tersebut PKK selalu menggandeng OPD terkait, salah satunya Dinas Kesehatan Provinsi Bali dalam mengadakan pemeriksaan IVA test. “Ini kan salah satu program pokok PKK terutama di bidang kesehatan. Kami mengajak Dinas Kesehatan dan melakukan IVA test secara gratis sebagai bentuk pencegahan kanker serviks,” imbuhnya seraya mengatakan ke depan bisa menggandeng YKI untuk aksi sosial ke masyarakat.

 

Selain itu, Ny. Putri Koster pun mengatakan pentingnya upaya pencegahan dan deteksi dini kanker, baik kanker serviks maupun payudara. Untuk itu, ia pun mengajak YKI untuk mengedukasi masyarakat terutam para wanita melalui webinar-webinar. “Saya bisa memfasilitasi webinar dan menggerakkan PKK hingga tingkat Dasa Wisma untuk mengikuti webinar tersebut. YKI tinggal mengundang ahlinya dan mengisi narasumber,” ujarnya.

 

Ny. Putri Koster yang juga dikenal sebagai seniman serba bisa ini pun menyampaikan harapan ke depan agar kasus kanker di Bali semakin berkurang bahkan bisa sampai pada Bali bebas kanker payudara atau kanker serviks. Menurutnya inilah pentingnya pencegahan dan edukasi. Sehingga kolaborasi semua pihak bisa mewujudkan hal tersebut.

 

Sementara itu Dr. dr. Tjok Dharma Yudha menyambut baik program-program TP PKK yang disampaikan oleh Ny. Putri Koster apalagi terkait dengan pencegahan kanker serviks dan payudara bagi wanita Bali. Sejalan dengan TP PKK, YKI pun selama ini menurutnya telah mempunyai program-program yang menyentuh langsung masyarakat, baik di bidang penyuluhan dan aksi sosial pencegahan kanker. “Selain itu kami pun mempunyai program pengobatan dengan menyediakan bantuan obat gratis bagi penderita kanker yang membutuhkan,” ujarnya.

 

Mengenai program webinar dan aksi sosial turun ke masyarkat, ia pun menyampaikan ketersediaan pihaknya. “Dengan menggandeng pemerintah dan TP PKK, kami yakin program-program pencegahan kanker di Bali bisa semakin luas dan tepat sasaran. Ini juga bisa meuwujudkan Bali bebas kanker secepatnya,” tandasnya. (dah/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!