Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Sosial

Tertua, RSUD Wangaya Rayakan HUT Ke-101

TERTUA: RSUD Wangaya Dicanangkan Jadi RS Pendidikan dan Unggulan

 

 

DENPASAR, Balipolitika.com- 101 tahun adalah usia RSUD Wangaya, Denpasar. Perayaan hari jadi ke 101, Kamis (6/1/2022) diwarnai kegiatan bakti sosial seperti donor darah. Pemilihan dokter berprestasi dan teladan turut memeriahkan hari bahagia tersebut.

 

Direktur Utama RSUD Wangaya, Denpasar, Anak Agung Made Widiasa mengatakan di usia yang kian matang RSUD Wangaya terus berbenah ke arah lebih baik.

 

“Jadi ada perubahan-perubahan. Untuk poli, beberapa dokter juga dilakukan perubahan dan membuka beberapa poli seperti poli geriatri. Kami kembangkan juga poli diabetes centre. Cita-cita kami rumah duka juga akan kami kembangkan karena dari pengalaman sebelumnya ketika kasus Covid-19 melonjak kami mengalami kesulitan,” katanya saat diwawancara di sela kegiatan perayaan tersebut.

 

Lanjut dia, bersama Pemerintah Kota Denpasar pihaknya juga mencanangkan RSUD Wangaya sebagai rumah sakit pendidikan dan unggulan. Terutama untuk poli geriatri. Dimana nantinya pasien berusia di atas 45 tahun dapat langsung dirawat di RSUD Wangaya, Denpasar. Selain itu RSUD Wangaya Denpasar juga mulai tidak memakai paperless.

 

“Kami sudah mulai tidak memakai paperless dan sampai pelayanan sampai poli dan obat sudah kami antar ke rumah sehingga pasien cukup dengan daftar dari awal dan mendapatkan pelayanan di rumah dan mendapatkan obat. Itu untuk pasien rawat jalan. Untuk pasien yang rawat inap kami sudah melakukan perbaikan dari lobi dan pelayanan-pelayanan tempat rawat inap sudah kami perbaiki,” urainya.

 

Bagaimana persiapan RSUD Wangaya Denpasar menghadapi kemungkinan masuknya Omicron ke Bali? Made Widiasa mengatakan pihaknya sudah melakukan antisipasi. Berangkat dari pengalaman di awal pandemi Covid-19, terutama di bulan Juli hingga Agustus tahun lalu. Saat itu RSUD Wangaya sempat mengalami kekurangan oksigen untuk pasien.

 

Lonjakan kasus pun cukup tinggi. Dari jumlah 210 kamar yang ada, 174 kamarnya diisi oleh pasien Covid-19. “Kami sempat kesulitan oksigen kami atasi dengan membeli dan bantuan-bantuan dari tabung oksigen yang dulunya 35 sekarang kami punya 199 tabung 6 kubik yang mungkin merupakan jumlah yang cukup banyak di Bali. Lalu tabung untuk oksigen cair kami sudah punya yang hampir berisi 7 kubik dan oksigen konsentrat kita punya 56,” tambahnya.

 

Imbuhnya penerapan protokol kesehatan seluruh staf sejak awal pandemi sangat diperhatikan. Semuanya patuh pada prokes. “Tetap untuk prokes karena Covid-19 sangat mengganggu. Tentu kami akan menjalankan prokes. Seperti menjaga jarak, memakai masker dan semoga kasus Omicron tidak mewabah luas sampai ke Bali,” harapnya. (dah/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!