PeristiwaSiaga BencanaSosial

Cikande Permai Banjir, Satu Meninggal Dunia

TERGENANG : Banjir menggenang di Desa Cikande Permai, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Provinsi Banten

 

SERANG, BaliPolitika.com – Banjir yang terjadi di Desa Cikande Permai, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, menyebabkan satu warga meninggal dunia. Bencana ini berlangsung pada Sabtu pagi (11/12), sekitar pukul 06.00 WIB. Kondisi terkini pada siang tadi, banjir berangsur surut.

 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang melaporkan korban meninggal akibat terjatuh dan hanyut saat membersihkan drainase yang tertutup eceng gondok. Setelah jatuh, warga berusia 50 tahun ini terseret arus. Korban telah berhasil dievakuasi petugas. Kejadian tersebut dilaporkan terjadi pada pukul 06.30 WIB.

 

Selain korban meninggal dunia, banjir menyebabkan 14 KK atau 56 jiwa terdampak banjir, sedangkan kerugian material tercatat 14 unit rumah dan 1 unit fasilitas ibadah terdampak.

 

Banjir ini terjadi setelah guyuran hujan lebat pada Sabtu dini hari, pukul 00.00 WIB serta drainase yang tersumbat. Kondisi ini hingga mengakibatkan debit air Danau Situterate meluap. BPBD memantau air mulai meluap ke pemukiman warga pada pukul 06.00 WIB. Tinggi muka air yang menggenangi pemukiman antara 10 hingga 40 cm.

 

BPBD bersama unsur TNI, Polri serta aparat kecamatan dan desa bersiaga mengantisipasi dampak banjir susulan di wilayahnya.

 

Jelang puncak musim hujan, pemerintah daerah dan masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang. Analisis kajian inaRISK, wilayah Cikande termasuk dalam 29 kecamatan di Kabupaten Serang yang memiliki potensi bahaya banjir kategori sedang hingga tinggi. (dah/bp)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker