Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Ekbis

Label Merah, 422 Usaha di Indonesia Tak Ramah Lingkungan

SAYANGI ALAM: Lokakarya bertajuk “Potensi Pengembangan Produk Hijau di Pasar Modal Indonesia” yang diselenggarakan bersama Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia, Bursa Efek Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan, di Bali, Jumat, 22 Juli 2022 mengingatkan pentingnya investasi yang ramah lingkungan.

 

 

KUTA.Balipolitika.com– Climate Policy Initiative (CPI) Indonesia memaparkan analisa mengenai potensi Taksonomi Hijau Indonesia dalam mendorong investasi hijau di Indonesia.

Hal ini disampaikan dalam lokakarya bertajuk “Potensi Pengembangan Produk Hijau di Pasar Modal Indonesia” yang diselenggarakan bersama Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia, Bursa Efek Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan, di Bali, Jumat, 22 Juli 2022 malam.

Sebagaimana diketahui, di awal tahun 2022 OJK menerbitkan Taksonomi Hijau Indonesia yang memberikan pedoman aktivitas ekonomi dengan menerapkan sistem ”traffic light” untuk mengklasifikasi kegiatan dari sudut pandang keberlanjutan, yaitu hijau untuk kegiatan yang tidak membahayakan dan berdampak positif terhadap lingkungan, kuning untuk kegiatan dalam transisi, dan merah untuk kegiatan tinggi emisi dan merusak lingkungan.

Kategorisasi ini dirancang untuk mengarahkan investasi menuju kegiatan ramah lingkungan.

Tiza Mafira, Associate Director CPI Indonesia menyampaikan bahwa tujuan taksonomi sebenarnya adalah untuk memberikan sinyal yang jelas bagi sektor swasta untuk memperbanyak investasinya di kategori hijau.

Analisis CPI menunjukkan bahwa Taksonomi Hijau Indonesia 1.0 telah mengategorikan 919 kegiatan usaha, dimana 15 kegiatan dilabelkan “hijau”, 422 dilabelkan “kuning”, dan 482 dilabelkan “merah”.

Studi ini juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan tren portfolio hijau di 3 tahun terakhir.

“Data menunjukkan bahwa OJK cukup berhasil meningkatkan minat portofolio investasi hijau sejak penerbitan POJK 51/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan yang mengidentifikasi 11 jenis portofolio hijau yang perlu dilaporkan oleh sektor keuangan. Apabila taksonomi diperkuat dan diharmonisasi dengan instrumen hukum serupa, maka potensi investasi hijau akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya kegiatan usaha yang berhasil mendapat label hijau”, pungkas Tiza Mafira.

Luthfyana Larasati, Senior Analyst CPI Indonesia mengungkapkan bahwa klasifikasi usaha yang saat ini dikategorikan ‘kuning’ juga perlu diperjelas perannya sebagai kategori sementara dalam rangka memuluskan transisi ekonomi Indonesia menuju ekonomi rendah emisi.

Apabila jelas kondisi-kondisi yang kelak akan menyebabkan industri di kategori kuning diperketat menjadi merah, maka investor akan memiliki kepastian untuk investasi jangka panjang.

Sektor swasta ini mengalami peningkatan nilai kapitalisasi pasar sampai dengan 20 persen pada Mei 2022 paska pandemi di tahun 2020.

Namun, partisipasi sektor swasta dinilai belum optimal.

“Meskipun trennya meningkat, sektor swasta baru berkontribusi sebesar 9% (atau USD 21.3 miliar selama 2015-2019) dari total kebutuhan pendanaan. Untuk mengisi kesenjangan pendanaan dibutuhkan sekitar USD 250 miliar sampai dengan tahun 2030. Hingga tahun 2020, pemerintah telah mendanai sekitar 34 persen dari total kebutuhan pendanaan tersebut, sehingga sisanya sebesar 66 persen diharapkan dapat diisi dari sumber non-pemerintah,” lanjut Luthfyana.

Nurkhamid, Kepala Bagian Penilaian Perusahaan Jasa Keuangan, OJK, menanggapi bahwa taksonomi hijau adalah upaya kebijakan dalam penguatan ekosistem keuangan berkelanjutan.

Di samping itu, taksonomi dapat membantu pemantauan berkala investasi, utamanya sektor swasta, melalui peningkatan kualitas pelaporan dan pengungkapan (disclosure), sehingga dapat mendorong mobilisasi investasi pada sektor-sektor hijau.

Kevin Praharyawan, Direktur Investment Banking Capital Market BRI Danareksa Sekuritas, memberikan pandangannya selaku penjamin emisi obligasi berwawasan lingkungan (underwriter), bahwa taksonomi kedepannya juga berpotensi untuk mengarahkan investasi dan mendorong penerbitan produk-produk baru berwawasan lingkungan di pasar modal apabila ada “common principle” yang didefinisikan dalam taksonomi, yang berpotensi mengurangi biaya verifikasi dan uji tuntas (due diligence), dan biaya-biaya pendukung lainnya seperti biaya ahli lingkungan.

Ini selaras dengan pandangan Dedi Junaedi dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) bahwa, dengan lebih jelasnya pengkategorian aktivitas ekonomi didalam taksonomi, ini dapat memberikan prediktabilitas kebijakan di dalam sistem pasar modal, sehingga meningkatkan kepercayaan pelaku pasar dan menciptakan peluang ekonomi yang lebih besar.

Menanggapi hal-hal tersebut, Rudy Utomo, Komite Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI) berpendapat bahwa, selain taksonomi yang memperkuat ekosistem keuangan berkelanjutan, insentif dinilai berperan penting untuk mendorong peningkatan demand dan supply produk-produk hijau dan berwawasan lingkungan.

Maka diharapkan adanya kebijakan dari regulator terkait insentif yang dapat diberikan kepada investor dan penerbit untuk pengembangan produk kedepannya.

Contohnya, perluasan cakupan produk sebagaimana diatur dalam POJK 60/ 2017 tentang Penerbitan dan Persyaratan Efek Bersifat Utang Berwawasan Lingkungan (Green Bond), diharapkan dapat meliputi juga produk berwawasan lingkungan lainnya yang diantaranya memenuhi aspek ekonomi, sosial, dan tata kelola (ESG Bonds) dan/atau yang memenuhi kriteria Sustainable Development Goals (SDG Bonds).

CPI adalah organisasi lembaga riset global yang fokus pada isu pendanaan aksi mengatasi perubahan iklim.

CPI terdiri dari analis dan ahli di bidang kebijakan, lingkungan dan keuangan.

Misi CPI adalah membantu pemerintah, perusahaan, dan lembaga keuangan mendorong laju ekonomi sembari mengatasi krisis iklim.

CPI memiliki lima kantor di seluruh dunia yaitu di Brazil, India, Indonesia, Inggris, dan Amerika Serikat. (lit/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!