Kesehatan

CD Menstruasi Buatan Anak Bangsa Diluncurkan

RAMAH LINGKUNGAN: Dua perempuan muda Indonesia, Tungga Dewi (kanan) dan Riesa Putri yang fokus menggarap bidang pemberdayaan perempuan.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Perfect Fit, sebuah start-up (bisnis rintisan) yang berfokus mendukung perempuan dalam bidang menstruasi baru saja meluncurkan inovasi period-proof underwear (celana dalam menstruasi) pertama buatan Indonesia. CD menstruasi ini dibuat untuk mendukung perempuan mendapatkan menstruasi yang lebih baik melalui produk ramah lingkungan dan edukasi. Start-up ini didirikan oleh dua perempuan muda Indonesia, Tungga Dewi dan Riesa Putri, setelah hampir empat tahun bekerja dalam bidang pemberdayaan perempuan.

Perfect Fit hadir untuk memberikan akses kepada produk menstruasi ramah lingkungan dan edukasi mengenai kesehatan reproduksi, hak perempuan, dan kelestarian lingkungan. “Sedikit sekali inovasi yang hadir dibidang menstruasi. Padahal, menstruasi adalah bagian yang sangat penting dalam hidup perempuan,” ujar Tungga Dewi, Co-Founder & CEO Perfect Fit. “Bayangkan hampir 40 tahun perempuan mengalami menstruasi setiap bulan, tapi kenapa isu ini jarang dibicarakan?” lanjut Tungga Dewi yang ingin Perfect Fit hadir untuk mendobrak tabu kesehatan menstruasi melalui produk inovatif dan edukasi terhadap kesehatan reproduksi.

Imbuhnya, menurut data BPS (2019) terdapat 80 juta perempuan Indonesia yang berada di usia reproduktif (10-49 tahun). Mayoritas perempuan ini masih menggunakan pembalut sekali pakai saat menstruasi. Terdapat dua concern utama pembalut sekali pakai yaitu masalah kesehatan dari klorin dan masalah lingkungan dari plastik yang terkandung dalam produk. Perfect Fit mencoba menghadirkan revolusi menstruasi yang aman dan ramah lingkungan dengan period proof underwear atau celana dalam menstruasi anti tembus. Inovasi ini diinspirasi dari bentuk celana dalam kebanyakan dan menambahkan lapisan khusus di bagian tengah celana sebagai lapisan penyerap cairan dan lapisan anti bocor. Produk Perfect Fit dapat menyerap hingga 20 ml cairan atau setara dengan empat buah pembalut sekali pakai.

“Produk kami aman karena menggunakan material yang bebas bahan kimia berbahaya (OEKO Tex Certified) dan ramah lingkungan karena bisa digunakan 2-3 tahun sehingga mengurangi sampah” ujar Tungga Dewi. “Sudah saatnya, perempuan punya lebih banyak akses ke produk yang nyaman, inovatif, tapi tetap menjaga bumi kita,” lanjutnya. Produk Perfect Fit dibuat di Indonesia dan bisa mulai didapatkan akhir November 2021.

Melansir keterangan dari mereka, Perfect Fit juga menerapkan “Buy One Give One” model. Hal ini berarti setiap pembelian satu produk menstruasi dari mereka, satu produk lain akan didonasikan untuk perempuan di daerah terpencil. Hal ini dilakukan Perfect Fit untuk mengurangi kondisi period poverty atau kemiskinan menstruasi di Indonesia.

Menurut Perfect Fit, kemiskinan menstruasi adalah kondisi dimana perempuan tidak dapat memiliki akses untuk mendapatkan produk menstruasi dan pengetahuan terhadap menstruasinya. Kemiskinan menstruasi bisa menghambat remaja perempuan untuk datang ke sekolah dan perempuan dewasa untuk melakukan aktivitas sehari-harinya, yang pada akhirnya mengurangi kesempatan mereka untuk mencapai potensi penuh dirinya. (bp)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker