Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Keren! Sakura Raih Juara 1 dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)

PRESTASI – Ni Putu Ayu Ananda Indira Dewi dari kelas XII MIPA 4 SMA Negeri 1 Kuta Utara (Sakura) berhasil meraih juara 1 dalam lomba FLS2N 2023 tingkat kabupaten dan provinsi. 

 

BADUNG,Balipolitika.com – Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) adalah salah satu program kegiatan pengembangan prestasi yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Lomba ini juga sangat bergengsi. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan pengalaman berkompetisi untuk mencapai SDM yang unggul di bidang seni serta meningkatkan kreativitas peserta didik dalam bidang seni yang berakar pada budaya bangsa.

Ni Putu Ayu Ananda Indira Dewi dari XII MIPA 4 mampu meraih juara 1 dalam lomba FLS2N 2023 tingkat kabupaten dan provinsi. Seleksi pertama dimulai dari sekolah masing-masing terlebih dahulu. Sekolah di seluruh Provinsi Bali mengirimkan 1 peserta di setiap cabang lomba seperti gitar solo, monolog, tari kreasi, menyanyi solo, desain poster dan lain-lain.

KPU Kabupaten Gianyar KPU Kabupaten Gianyar

Nanda diberikan kesempatan oleh Sakura untuk mengikuti FLS2N tahun ini dan mengikuti seleksi di kabupaten. Setiap kabupaten melaksanakan seleksi dan Nanda terpilih menjadi perwakilan dari Kabupaten Badung untuk maju ke tingkat Provinsi Bali. Di tingkat provinsi, setiap kabupaten mengirimkan 1 peserta setiap cabang lomba yang nantinya akan lanjut ke tingkat Nasional. Nanda juga berhasil membawa nama SMAN 1 Kuta Utara dan nama Provinsi Bali ke tingkat Nasional dengan lagu yang ia bawakan berjudul “Aku Indonesia – Naura.”

Terdapat 9 peserta yang merupakan perwakilan setiap kabupaten yang ada di Bali. Masing-masing perwakilan berasal dari SMAN 1 Tabanan, SMAN 2 Mendoyo, SMAN 1 Gianyar, SMAN 1 Amlapura, SMAN 1 Seririt, SMAN 1 Denpasar, SMAN 1 Kuta Utara, SMAN 1 Semarapura, dan SMAN 1 Bangli.

Tentu saja juara ini tidak mudah Nanda dapatkan, banyak latihan yang ia lakukan sebelum perlombaan dimulai dengan pembina yang siap membimbing Nanda yaitu Kak Saka dan Bu Ratna. Bahkan saat lomba berlangsung, nervous (gugup) masih menghampiri Nanda ketika ia membawakan lagu “Aku Indonesia – Naura.” Karena disisi lain Nanda membawa nama Sakura dan Kabupaten Badung.

“Saya merasa terharu dan sangat bersyukur, ternyata latihan saya selama ini membawa hasil dan suatu kemenangan yang tidak terlupakan dalam benak saya. Saya harap di tingkat nasional saya dapat menampilkan dan memberikan hasil yang terbaik untuk SMAN 1 Kuta Utara, Kabupaten Badung, dan Provinsi Bali,” tutur Nanda. (joice, sintya, mayda – J.Co). 

 

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!