Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Verifikasi Lapangan Penilaian Tahap II 10 Besar PPD 2024

PENILAIAN NASIONAL: Pj. Bupati Klungkung, I Nyoman Jendrika dampingi tim penilai utama dan tim penilai independen Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas RI di Kabupaten Klungkung, Rabu, 3 April 2024.

 

KLUNGKUNG, Balipolitika.com- Pj. Bupati Klungkung, I Nyoman Jendrika mendampingi tim penilai utama dan tim penilai independen Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas RI melaksanakan verifikasi dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2024 di Kabupaten Klungkung, Rabu, 3 April 2024.

Adapun lokasi yang menjadi kunjungan lapangan, yakni Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Klungkung.

Dilanjutkan meninjau lokasi Kampung Budidaya Rumput Laut di Nusa Lembongan, pembuatan sabun dan kosmetik berbahan dasar rumput laut di kediaman Nyoman Sudiatmika di Desa Jungutbatu.

Setelah itu tim berkunjung ke Toss Center Karangdasi, Lembaga Pelatihan Ketenagakerjaan, dan ke Workshop Disabilitas.

Penjabat (Pj.) Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika mengatakan verifikasi lapangan ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih lengkap dan akurat mengenai perencanaan pembangunan dan inovasi-inovasi yang menjadi unggulan dikabupaten Klungkung.

“Kami berharap setelah lolosnya kabupaten klungkung sebagai 10 besar dalam ajang PPD 2024 dan berharap bisa lolos ke tiga besar bahkan sampai juara satu secara nasional,” harap PJ Bupati Jendrika.

Tim Penilai Utama, Asisten Deputi Bidang Perekonomian Makro, Penanaman Modal, dan Badan Usaha, Deputi Perekonomian, Sekretariat Kabinet,  Roby Arya Brata, SH, LLM, MPP, Ph.D, mengatakan dari hasil tinjauannya ke lapangan inovasi pengolahan rumput laut cukup meyakinkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Klungkung khususnya di Kepulauan Nusa Lembongan dan Nusa Penida.

“Kedepannya kami berharap ada keberlanjutan ditengah perkembangan sektor pariwisata dan tidak meninggalkan pertanian rumput laut,” ujar Roby Arya Brata.

Lebih lanjut pihaknya mengatakan untuk meningkatan pertumbuhan ekonomi harus ada daya dorong dan daya ungkit yang bagus untuk mengatasi kemiskinan dan pengangguran, ini menjadi tantangan pemimpinya.

“Saya mengucapakan selamat kepada pemerintah Kabupaten Klungkung sudah lolos di sepuluh besar. Ini sudah menjadi juara dan yang pasti harapnya masuk tiga besar,” ucapnya.

Dijelaskan tahapan penilaian ini sekaligus menandakan bahwa Kabupaten Klungkung telah lolos 10 besar pada ajang yang digelar oleh Kementerian Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/BAPPENAS) Republik Indonesia dengan aspek dan indikator penilaian pada tahapan ini terdiri dari Pencapaian Pembangunan 10 indikator, Kualitas Dokumen Perencanaan 4 indikator, Proses Penyusunan Dokumen Perencanaan 5 indikator, dan inovasi 4 indikator.

Tim penilai yang berjumlah 7 orang terdiri dari Tim Penilai Independen dan tim Penilai Utama. (bp/ken)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!