Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Kesehatan

Takut Dibedah, RS BaliMed Buka Layanan MRI

TULUS MELAYANI: RS BaliMed kini menyediakan layakan MRI alias Magnetic Resonance Imaging.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- RS BaliMed membuka layanan baru, yakni Magnetic Resonance Imaging (MRI). Peresmian layanan ini dilaksanakan Senin (14/3/2022). MRI merupakan pelengkap layanan di RS BaliMed untuk semakin memudahkan pasien mendapatkan layanan penunjang yang dibutuhkan.

Direktur RS BaliMed Denpasar dr. Ni Nyoman Mulyani, MM. menyebut MRI sangat dibutuhkan pasien MRI. MRI merupakan pemeriksaan pencitraan radiologi yang menggunakan medan magnet yang kuat, gelombang radio dan komputer untuk membuat gambar detail organ dan jaringan tubuh.

Pemeriksaan yang sangat nyaman, efisien, dan efektif tanpa melalui pembedahan dan rasa sakit namun menghasilkan gambaran yang sangat jelas dari jaringan lunak tubuh maupun pembuluh darah serta dapat melakukan analisa metabolik kimiawi (Spektroskopi). Hal ini akan membantu para dokter dalam menegakkan diagnosa dan merancang metode terapi terbaik.

MRI dapat mendeteksi kelainan pada jaringan lunak sehingga analisis dan skrining tumor seperti otak, sumsum tulang, payudara, kelenjar prostate, serta musculoceletal. MRI juga mampu memberi gambaran detail anatomi dengan lebih jelas termasuk kelainan pada organ reproduksi wanita, kelainan pada saluran empedu, kelainan sendi, otot maupun ligamen juga kelainan kelainan pada organ lainnya seperti hati, ginjal, dan kelenjar getah bening.

“Dengan teknologi magnet, MRI dinilai lebih aman, invasif, tidak menggunakan radiasi dan tidak melukai jaringan tubuh. Meski demikian dalam pemeriksaannya nanti, pasien dipastikan tidak membawa atau menggunakan bahan-bahan dari logam seperti kawat gigi, pen dari besi, dan lain-lain. Maka dari itu, pemeriksaan sebelum melaksanakan pemeriksaan MRI harus dilakukan,” jelas dr. Mulyani.

Imbuhnya, RS BaliMed melihat kebutuhan masyarakat Bali yang semakin tinggi terhadap layanan MRI. “Kami sudah melakukan kajian lebih detail terkait layanan MRI ini dan memang layanan ini sedang dibutuhkan,” ujarnya. (dah/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!