humanisme

Jawab Krisis Darah, Golkar Bali Kumpulkan 1.300 Kantong Donor

GERAKAN KEMANUSIAAN: Ketua Satgas Covid-19 Partai Golkar Bali merangkap Ketua Panitia Donor Darah 1.000 Kantong Darah, Komang Agus Satuhedi saat memberikan sambutan, Minggu (15/8/2021)

 

DENPASAR, BaliPolitika.Com– 1.300 kantong darah berhasil terkumpul dalam Gerakan Donor Darah Serentak 1.000 Kantong Darah Jilid 2 yang digelar DPD 1 dan DPD 2 Partai Golkar se-Bali, Minggu (15/8/2021). Aksi kemanusiaan ini dihelat bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi dengan tujuan menjaga pasokan dan stok darah saat pandemi.

“Terima kasih. Masyarakat sangat antusias ikut donor darah dan target terlampaui dengan terkumpul 1.300 kantong darah,” kata Ketua DPD 1 Partai Golkar Provinsi Bali Dr. Nyoman Sugawa Korry di wantilan DPD Partai Golkar Bali. Ungkapnya, donor darah serentak jilid 2 merupakan kelanjutan dari kegiatan donor darah sebelumnya pada 15 Juli 2020. Kala itu terkumpul lebih dari 1.000 kantong darah.

Sugawa Korry menegaskan kegiatan kemanusiaan donor darah serentak jilid 2 ini merupakan implementasi nyata doktrin karya kekaryaan dari Partai Golkar. Partai berlambang beringin bertindak cepat memberikan solusi membantu pemerintah dan masyarakat menangani pandemi Covid-19.

“Golkar selalu hadir ketika bangsa dan negara hadapi tantangan. Walau PPKM, tidak boleh diam. Kita jawab dengan tindakan nyata seperti donor darah saat ini,” kata Sugawa Korry yang juga Wakil Ketua DPRD Bali. “Kami mendengar PMI kekurangan stok darah akibat dari pandemi Covid-19. Karena itu, Partai Golkar merasa terpanggil untuk bergerak cepat membantu PMI memenuhi persediaan kantong darah,” sambungnya.

Politisi sekaligus akademisi asal Buleleng itu menegaskan darah adalah hal vital bagi kesehatan masyarakat. Saking vitalnya, darah tidak bisa digantikan oleh apapun termasuk sembako. “Darah tidak bisa diganti sembako. Pengadaan darah juga tidak bisa dianggarkan di APBD. Jadi satu-satunya cara untuk menyiapkan stok darah adalah dengan kita semua tergerak donor darah,” tegasnya. Ia menegaskan Golkar Bali akan terus bergerak dengan aksi nyata membangun soliditas dan kesetiakawanan sosial dalam rangka membangun ketahanan nasional dari pandemi Covid-19. “Dan apa yang dilakukan Golkar Bali adalah cahaya lilin kecil di ujung terowongan yang gelap. Walau lilin kecil tapi dicari jadi jalan keluar,” tandas Sugawa Korry.

Ketua Satgas Covid-19 Partai Golkar Bali Komang Agus Satuhedi yang juga Ketua Panitia Donor Darah 1.000 Kantong Darah ini menjelaskan saat ini kebutuhan stok darah di PMI menipis sedangkan permintaan darah cukup tinggi. Karenanya Golkar Bali siap menjadi yang terdepan untuk membantu PMI di Bali dalam memenuhi ketersediaan kantong darah. Golkar Bali secara berkelanjutan menggelar aksi kemanusiaan donor darah sesuai kebutuhan dan situasi stok darah di Bali.

“Kami sosialisasikan dan edukasi juga ke masyarakat jangan takut donor darah dan utamakan penerapan protokol pencegahan Covid-19,” tandas Satuhedi sembari menyebut para peserta donor darah di Sekretariat Golkar Bali menerima paket sembako dan sertifikat partisipasi.

Sementara itu, Kepala Divisi Kesehatan dan Sosial PMI Bali Eko Wardani menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Golkar Bali telah membantu PMI dalam menyediakan stok darah untuk masyarakat. “Banyak masyarakat perlu bantuan darah, dan tidak bisa digantikan dengan sembako. Yang butuh darah hanya dengan darah. Jadi apa yang dilakukan Golkar Bali sangat mulia,” pujinya. (rls/bp)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker