Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Hukum & Kriminal

Bisnis HP Palsu di Bali, Turis China Terancam 5 Tahun Bui

Tak Bisa Bahasa Indonesia, Pakai Google Translate

LANGGAR UNDANG-UNDANG KEIMIGRASIAN: Kakanwil Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu saat menjelaskan kasus hukum yang menjerat WNA Tiongkok dan Pakistan yang kini diamankan di Rumah Detensi Denpasar untuk menunggu proses lebih lanjut. 

 

DENPASAR, Balipolitika.com Turis yang datang ke Bali tujuannya tak sekadar berwisata, namun juga menambah pundi-pundi kekayaannya.

Hal tersebut lagi-lagi terbukti pasca penangkapan Warga Negara Asing (WNA) berkebangsaan Tiongkok berinisial CY.

KPU Kabupaten Gianyar KPU Kabupaten Gianyar

Modus turis Tiongkok ini terendus aparat setelah izin tinggalnya diperiksa. Bukannya berwisata, CY sambil menyelam minum air juga berbisnis HP palsu.

Selain CY, WNA berkebangsaan Pakistan berinisial MT juga ditangkap aparat karena masuk ke wilayah Indonesia secara ilegal.

Imigrasi Denpasar, Kanwil Kemenkumham Bali menindak 2 WNA tersebut karena terbukti melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Kakanwil Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu menyebutkan 2 WNA ini melanggar Undang-Undang Keimigrasian diantaranya menyalahgunakan izin tinggal dan masuk ke wilayah Indonesia secara Illegal.

“Kedua WNA tersebut terdiri dari WN China berinisial CY yang menyalah gunakan izin tinggalnya untuk menjual ponsel palsu di Bali dan WN Pakistan berinisial MT masuk secara Illegal ke Wilayah Indonesia tanpa dilengkapi dokumen izin tinggal dan tanda perlintasan antar negara”, ungkap Anggiat.

Penangkapan WN China berinisial CY ini bermula dari laporan seorang pemilik konter di Denpasar yang sempat membeli satu ponsel dari pelaku pada 28 Agustus 2023.

“Barang yang dia jual berupa handphone. Sudah ada pembeli sudah ada korbannya dan pengaduan ini kita terima dari pembeli barang itu,” ujar Kakanwil.

Ponsel yang tidak disebut merknya tersebut berhasil terjual sebanyak 10 unit dengan cara door to door dari konter ke konter.

CY yang tidak bisa berbahasa Indonesia tersebut menggunakan Google Translate untuk memperlancar aksinya.

Perkara yang menjerat CY akan diserahkan ke pihak kejaksaan untuk diproses hukum lebih lanjut. CY terancam dijerat dengan Pasal 122 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp500 juta.

Selain WN China tersebut, petugas Imigrasi juga menangkap WN Pakistan berinisial MT yang masuk ke wilayah Indonesia secara ilegal tanpa dilengkapi dokumen izin tinggal dan tanda perlintasan antarnegara.

Anggiat mengungkapkan WN Pakistan tersebut masuk ke Wilayah Indonesia melalui perairan.

“Dia mengaku masuk ke wilayah Indonesia melalui perairan dan butuh waktu 5 hari untuk sampai ke Bali”, ungkap Anggiat.

MT terindikasi masuk secara “gelap” tanpa melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) dan saat ini masih dalam tahap penyidikan.

Kepala Kantor Imigrasi Denpasar, Tedy Riyandi juga menjelaskan MT mengaku tiba di Bali pada tanggal 27 Agustus 2023.

Dari hasil pemeriksaan MT mengaku bekerja di salah satu perusahaan tisu di Bali atas rekomendasi agennya. MT dijerat dengan Pasal 113 Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian, dengan ancaman pidana penjara paling lama satu tahun dan atau denda paling banyak Rp100 juta.

Kedua WNA tersebut kini ditahan di Rumah Detensi Imigrasi Denpasar untuk menunggu proses lebih lanjut.

Hadir juga dalam Konfrensi Pers tersebut, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Bali, Barron Ichsan dan Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Bali, Anak Agung Bagus Narayana. (*/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!