Kesehatan

Taat Prokes! 7% Penerima Vaksin di Bali Jadi Korban Covid-19

Didominasi Penderita Diabetes, Hipertensi Jantung, Gagal Ginjal, Paru-Paru 

SUPER LELAH: Sangat banyak tenaga kesehatan yang menjadi korban Covid-19, namun mereka harus tetap bekerja.

 

DENPASAR, BaliPolitika.Com– Meski sudah menerima vaksin lengkap, belum tentu Anda selamat dari Covid-19 dan variannya. Oleh karena itu, protokol kesehatan tetap menjadi hal wajib untuk melindungi diri sendiri, keluarga tercinta, dan masyarakat di sekitar Anda. Gubernur Bali Wayan Koster mengacu rilis resmi pada Kamis, 29 Juli 2021 mengatakan berdasarkan penelusuran orang yang terkena Covid-19 sebanyak 40% sudah divaksin dan sebagian besar yaitu sebanyak 60% belum divaksin. 

“Ini menjadi bukti bahwa vaksinasi sangat efektif mengurangi resiko penularan Covid-19. Pasien Covid-19 yang meninggal sebanyak 7% sudah divaksin dan sebagian besar yaitu sebanyak 91% belum divaksin. Artinya, vaksinasi sangat efektif mengurangi resiko kematian bagi pasien,” ungkap Koster mengacu rilis resmi yang ditandatanganinya.

Data juga menunjukan bahwa pasien Covid-19 yang meninggal sebagian besar, yakni sebanyak 63,0% karena penyakit bawaan (komorbid) dan sebanyak 37,0% bukan karena penyakit bawaan (bukan komorbid). Hasil penelusuran lebih lanjut menunjukkan bahwa penyakit bawaan yang mengakibatkan meninggalnya pasien Covid-19 adalah penyakit gula (diabetes melitus) sebanyak 28,1%, penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) sebanyak 17,9%, penyakit gagal ginjal sebanyak 17,9%, penyakit jantung sebanyak 11,1%, penyakit paru-paru sebanyak 9,3%, sisanya karena jenis penyakit lain. (tim/bp)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker