Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Penyuluhan dan Pelayanan Kesehatan Faktor Risiko Perdarahan Intraserebral Spontan (Stroke)

dan Pemeriksaan USG Karotis di Desa Abuan Bangli

Penyuluhan dan Pelayanan Kesehatan Faktor Risiko Perdarahan Intraserebral Spontan (Stroke) dan Pemeriksaan USG Karotis di Desa Abuan Bangli

 

BANGLI Balipolitika.com- Sebagai wujud dari salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian kepada Masyarakat, Departemen Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Udayana/RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah melaksanakan kegiatan penyuluhan dan pelayanan kesehatan tentang Faktor Risiko Perdarahan Intraserebral Spontan (Stroke) dan Pemeriksaan USG Karotis di Banjar Serokadan, Desa Abuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli.

Acara dihadiri oleh para lansia di Banjar Serokadan yang tampak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelayanan kesehatan. Acara dilaksanakan sebagai bentuk rasa terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah khususnya Departemen Ilmu Bedah, dan sebagai aktualisasi dari Program Udayana Mengabdi.

Narasumber pada acara kali ini adalah Sekretaris Program Studi Spesialis Bedah Saraf Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, yang sekaligus menjadi ketua acara yaitu Dr. dr. I Wayan Niryana, M.Kes., Sp.BS, Subsp.N-Vas, FINPS yang memberikan materi tentang “Faktor Risiko Perdarahan Intraserebral”. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan USG karotis oleh dr. Ida Bagus Budiarta, Sp.B(K)V. Pada kegiatan hari ini juga terdapat pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan tekanan darah, gula darah, asam urat dan kolesterol.

Acara ini turut dihadiri sekaligus dibuka oleh Kepala Puskesmas Susut II, dr. Arya Sujana dan Kepala Departemen Ilmu Bedah FK UNUD/RSUP Prof. dr. I.G.N.G Ngoerah, dr. I Made Darmajaya, Sp.B, Sp.BA, Subsp.D.A., MARS.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap penyakit-penyakit vaskuler dan faktor risikonya, khususnya masyarakat lansia di Desa Abuan. Acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan berupa tong sampah untuk Banjar Serokadan, Desa Abuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli. (dp/Unud.ac.id)

 

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!