Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Ekbis

Genjot Ekonomi Karangasem, Petrofin Launching Mesari VCO

KUALITAS PREMIUM: Direktur Utama Elnusa Petrofin Haris Syahrudin, Executive General Manager Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) V, C.D. Sasongko, menunjukkan VCO Mesari binaan Elnusa Petrofin di Desa Antiga, Karangasem, Selasa (8/6/2021).

 

KARANGASEM, BaliPolitika.Com- PT Elnusa Petrofin (EPN) anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) menggelar peluncuran produk Mesari Virgin Coconut Oil (VCO) produksi UMKM Desa Antiga binaan Elnusa Petrofin, Selasa (8/6/2021). Acara yang dihadiri oleh Direktur Utama Elnusa Petrofin Haris Syahrudin, Executive General Manager Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) V, C.D. Sasongko, Bupati Karangasem diwakili oleh Assisten III, I Gusti Gede Rincek, serta tokoh masyarakat setempat ini digelar di Puri Bagus Candidasa Resort, Dusun Samuh, Desa Bugbug, Kecamatan Manggis, Karangasem.

Direktur Utama PT Elnusa Petrofin, Haris Syahrudin mengatakan launching produk VCO Mesari merupakan tahap puncak rangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR) berkelanjutan bagi warga binaan di Desa Antiga Kabupaten Karangasem. Program ini dimulai sejak akhir tahun 2019 lalu. VCO dipilih berangkat dari potensi alam Desa Antiga yang kaya pohon kelapa berkualitas unggul. Tim CSR Elnusa Petrofin bersama prebekel setempat (BUMDES) bersama-sama menggali potensi yang dapat menunjang kualitas hidup warga melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Setelah melalui beberapa kajian bersama, disepakati untuk membuat dan memproduksi Virgin Coconut Oil yang didukung penuh oleh Elnusa Petrofin mulai dari tahap sosialisasi dan pembekalan mengenai potensi VCO secara kesehatan dan keekonomian, pelatihan pembuatan VCO secara teori dan praktek dengan menggandeng praktisi berpengalaman, pemberian bantuan mesin parut dan mesin pemeras kelapa, pelatihan pemasaran produk, dukungan permodalan awal, penamaan produk, perizinan edar produk sampai dengan peluncuran produk yang berlangsung hari ini,” jelasnya Selasa (8/7/2021).

Haris menjelaskan Mesari Virgin Coconut Oil dijual dalam 1 ukuran botol berkapasitas 250 ml. Produk ini diharapkan mampu bersaing di pasaran sehingga berimbas pada kesejahterakan pengrajin serta masyarakat Antiga. “Kami memiliki misi di manapun beroperasi selalu berusaha memberikan manfaat kepada masyarakat. “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terutama pemerintah setempat yang telah membantu memperlancar kegiatan CSR ini dari awal sampai akhir,” paparnya.

Sementara itu, Executive General Manager PT Pertamina (persero) MOR V , C.D Sasongko mengucapkan terima kasih kepada PT Elnusa Petrofin yang menggagas kerja sama yang baik dengan masyarakat sekitar wilayah operasi di Manggis Karangasem Bali melalui CSR VCO Mesari. Pihaknya berharap produk tersebut diterima oleh masyarakat. “Kami juga akan berusaha mensupport agar produk ini dapat bersaing di masyarakat sehingga masyarakat yang memproduksi juga dapat menerima manfaatnya,” ucapnya.

Di sisi lain, Prebekel Desa Antiga, I Wayan Madra Arsana sangat mengapresiasi PT Elnusa Petrofin yang telah membantu memaksimalkan potensi kelapa kualitas unggul di desa setempat menjadi premium Virgin Coconut Oil (VCO). “Kami berharap Elnusa Petrofin terus memberikan pendampingan dan pengembangan produk ini ke depannya,” harapnya.

Mewakili Bupati Karangasem, I Gusti Gede Rincek, Asisten III Bupati Karangasem memberikan apresiasi terhadap peluncuran produk MESARI VCO binaan CSR Elnusa Petrofin. Terutama terkait  upaya Elnusa Petrofin memberikan value dan memberdayakan masyarakat Desa Antiga melalui Program CSR berkesinambungan. “Semoga kegiatan CSR yang positif ini dapat meningkatkan kemandirian masyarakat,” tutupnya. (rls/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!