Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Nasional

Ganjar Pranowo Buka Mukernas Indonesia Persada ID di Bali

Jaya Negara Kenalkan Raditya sebagai Inovasi Radio Inklusi

MUKERNAS PERSADA ID: Ganjar Pranowo dalam Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Persatuan Radio Televisi Publik Daerah Seluruh Indonesia (Indonesia Persada ID) ke-5 Tahun 2023 dibuka di Prama Sanur Beach Hotel, Denpasar, Rabu, 1 November 2023.

 

DENPASAR, Balipolitika.com Ganjar Pranowo buka Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Persatuan Radio Televisi Publik Daerah Seluruh Indonesia (Indonesia Persada ID) ke-5 Tahun 2023 dibuka di Prama Sanur Beach Hotel, Denpasar, Rabu, 1 November 2023.

Mukernas yang dihadiri pengelola radio dan televisi daerah ini mengangkat tema ‘Radio Senantiasa Ada’.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara memperkenalkan LPPL Radio Publik Kota Denpasar yang populer disebut RPKD 92.6 FM dengan Inovasi Radio Inklusi Menuju Denpasar Maju dan Jaya (Raditya).

Kedatangan Ketua Umum Indonesia Persada ID, Ganjar Pranowo disambut meriah barungan baleganjur khas Bali dan ratusan penari Pendet.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Gubernur Bali Periode 2018-2023, Dr. Ir. Wayan Koster, Pelaksana Harian Kapuspen, Drs. Yudia Ramli, M.Si, Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, Dewan Pengarah Indonesia Persada ID, Ir. Eddy Santoso, serta undangan lainya.

Ketua Umum Indonesia Persada ID, Ganjar Pranowo dalam sambutannya menjelaskan, keberadaan radio dan TV publik daerah diharapkan menjadi sarana penyebarluasan informasi yang strategis guna menjaga ketahanan informasi negara di daerah.

Pihaknya mendorong radio dan TV publik daerah untuk melakukan kegiatan peningkatan kualitas sumber daya manusia penyiaran.

Saat ini, kondisi Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) tidak sedang baik-baik saja. Sehingga seluruh stakeholder seperti para Kepala Dinas Kominfo, Bupati, Wali Kota, Gubernur, DPRD harus menyatukan persepsi, berjuang ke DPR berjuang ke Presiden berjuang ke Kementerian Kominfo agar LPPL tidak punah.

“LPPL adalah jalan keluar untuk menjaga ketahanan informasi negara dengan kondisi geografi NKRI yang sangat majemuk, yang mayoritas adalah non perkotaan, sehingga penguatan LPPL sangat penting dilaksanakan,” ujarnya

Sementara, Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengapresiasi dan menyambut baik kehormatan yang diberikan kepada Pemerintah Kota Denpasar sebagai tuan rumah hajatan nasional organisasi radio dan televisi pemerintah daerah se-Indonesia ini.

Indonesia Persada ID diharapkan menjadi wahana untuk mengupdate informasi terkini serta menjadi tempat berbagi pengetahuan tentang perkembangan dunia penyiaran.

“Suatu kehormatan tentunya bagi kami bisa berkesempatan menyambut dan menjamu Ketua Umum, dan undangan sekalian dalam perhelatan akbar ini di Kota Denpasar, khususnya di kawasan Pantai Sanur yang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan kami,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Jaya Negara menyampaikan bahwa Pemkot Denpasar memiliki LPPL Radio Publik Kota Denpasar yang populer disebut RPKD 92.6 FM dan pada 21 Oktober kemarin merayakan ulang tahun yang ke 21 tahun.

”RPKD 92.6 FM, terus mendewasakan diri dalam proses digitalisasi demi mengikuti perkembangan zaman, memadukan “human-touch” dengan “hi-tech”, ujar Walikota Jaya Negara.

“Tujuannya agar bisa terus menjadi salah satu media informasi utama dalam menyampaikan informasi lalu lintas, kebijakan publik, kegawatdaruratan, pariwisata budaya, serta informasi-informasi bermanfaat lainnya kepada masyarakat,” imbuhnya

Ditambahkan Jaya Negara, di tahun 2023 Pemerintah Kota Denpasar melalui inovasi Radio Inklusi Menuju Denpasar Maju dan Jaya (Raditya) berhasil meraih penghargaan TOP 45 Inovasi Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB.

Raditya dalam kepercayaan Hindu juga memiliki makna sebagai Dewa Matahari. Sehingga sebagaimana layaknya matahari yang menerangi dunia tanpa terkecuali, gagasan utama dari inovasi raditya adalah inklusifitas yang berupaya memberikan layanan bagi semua termasuk kelompok masyarakat penyandang disabilitas, kelompok masyarakat lanjut usia, dan kelompok remaja rentan.

”Termasuk memberdayakan 6 orang penyandang disabilitas sebagai tenaga penyiar khusus,” ujar Jaya Negara.

Tentunya, kata Jaya Negara, pencapaian tersebut dapat raih berkat adanya dukungan dan kolaborasi dari berbagai pihak, termasuk Indonesia Persada.ID.

Ditambahkannya bahwa penujukan Kota Denpasar sebagai tuan rumah Mukernas dan Indonesia IP Award 2023 tidak terlepas dari prestasi yang sudah di dapat oleh Radio Publik Kota Denpasar dalam ajang inovasi pusat.

Termasuk peran aktif RPKD 92.6 FM sebagai koordinator Bali Nusra di kepengurusan IndonesiaPersada.ID.

Di mana RPKD 92.6 FM yang mengudara sejak tahun 2002 bergabung di Indonesia Persada.ID sejak tahun 2019.

Jaya Negara mengatakan, Mukernas ini menjadi tonggak penting dalam membangkitkan semangat Radio dan TV Publik Daerah di Indonesia dan meresapi semangat baru untuk masa depan.

“Kehormatan sebagai tuan rumah salah satunya diharapkan berdampak bagi promosi pariwisata di Kota Denpasar serta memberikan kesempatan bagi peserta untuk menikmati keindahan dan kekayaan budaya Kota Denpasar. Sekaligus diharapkan akan memberi manfaat pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat,” harap Jaya Negara.

Dalam rangkaian Mukernas tersebut turut dimeriahkan dengan gelaran Anugerah IP Award. Anugerah ke-4 IndonesiaPersada.Id Award 2023 memberikan penghargaan dalam Kategori Khusus yang meliputi Reportase Terbaik, News Anchor Terbaik dan Radio Host Terbaik serta Kategori Umum yang mencakup Radio Peduli Stunting, Radio Peduli Bencana, dan Radio Peduli UKM.

RPKD 92.6 FM Kota Denpasar menjadi terbaik I Kategori Radio Host Terbaik. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!