Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

DaerahPemerintahan

Stop Berak Sembarangan! Deklarasi Wujudkan Masyarakat Sehat

Puncak HKN Ke-59, Jaya Negara Deklarasi ODF

KOTA ODF: Walikota Jaya Negara bersama Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa, serta Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana menyatakan deklarasi Kota Denpasar sebagai Kota Open Defecation Free (ODF) stop buang air besar sembarangan, wujudkan masyarakat sehat pada peringatan HKN, Jumat, 24 November 2023 di Lapangan Puputan Badung, I Gusti Ngurah Made Agung.

 

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59 di Kota Denpasar berlangsung, Jumat, 24 November 2023 di Lapangan Puputan Badung, I Gusti Ngurah Made Agung.

Dalam peringatan HKN Tahun ini Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota, I Kadek Agus Arya Wibawa, serta Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana menyatakan deklarasi Kota Denpasar sebagai Kota Open Defecation Free (ODF), stop buang air besar sembarangan, wujudkan masyarakat sehat.

Piagam ODF diserahkan oleh Kadis Kesehatan Provinsi Bali, Dr. dr. I Nyoman Gede Anom kepada Walikota Jaya Negara.

Puncak HKN juga tampak dihadiri Ketua TP. PKK Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua DWP Denpasar, Ny. I.A Widnyani Wiradana yang dimeriahkan dengan kegiatan senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita).

Walikota Jaya Negara juga menyerahkan penghargaan kepada tenaga kesehatan, penyerahan Ambulance Damakesmas, penyerahan sertifikat akreditasi dan penyerahan bantuan sembako kepada lansia yang terdata dalam kemiskinan ekstrim.

Disela-sela kegiatan Walikota Jaya Negara menyampaikan, pelaksanaan deklarasi ODF sebagai bagian dalam mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Kota Denpasar. Pola hidup bersih dan sehat telah menjadi peran aktif pemerintah serta tingkat kesadaran masyarakat Kota Denpasar.

“Gerakan masyarakat bersih dan sehat dalam sinergitas bersama dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat,” ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut Jaya Negara menyampaikan, peringatan HKN Ke-59 tahun 2023 yang mengusung tema “Transformasi kesehatan untuk Indonesia Maju”, menjadi momentum penting untuk mewujudkan sumber daya kesehatan yang berkualitas di Kota Denpasar.

Kami berharap ada partisipasi aktif dalam program-program kesehatan, peningkatan akses pelayanan medis, serta penekanan gaya hidup sehat.

Dari langkah ini dibutuhkan adanya kolaborasi antara pemerintah daerah, lembaga kesehatan, dan masyarakat untuk mencapai tujuan kesehatan bersama.

“Saya memberikan apresiasi kepada seluruh petugas kesehatan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ujar Jaya Negara.

Sementara Kadis Kesehatan Kota Denpasar, dr. Anak Agung Ayu Candrawati menyampaikan, berbagai agenda telah dilaksanakan dalam peringatan HKN tahun ini di Kota Denpasar.

Kegiatan safari kesehatan yang telah dilaksanakan dari Bulan Agustus, seminar kesehatan jiwa, seminar diabetes, sosialisasi pencegahan hipertensi, tes kebugaran, hingga pemeriksaan urine deteksi penyalahgunaan narkoba dan napza.

“Seluruh kegiatan ini melibatkan kader-kader kesehatan, PKK, guru, siswa sekolah, rumah sakit di Kota Denpasar, puskesmas, ASN, dan siswa sekolah, serta beragamnya kegiatan yang digelar Dinas Kesehatan Denpasar bersama jejaringnya berkomitmen untuk terus menjadi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan,” ujarnya.(bp/luc)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!