Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Sosial

YTDW- Suryani Institute Sinergi Tangani Disabilitas Mental

DENPASAR, BaliPolitika.Com – Yayasan Tulus Dharma Wiarta (YTDW) komitmen mengambil peran meningkatkan layanan dan pembinaan bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Mengusung tagline “Tulus dalam Melayani”, pembina YTDW, I Gusti Aji Yoga Brangsinga didampingi Ketua YTDW Komang Suwarta mengatakan problematika penyandang disabilitas mental di Bali wajib mendapat perhatian serius. Pasalnya, masih banyak penyandang ODGJ yang berkeliaran di Pulau Dewata

Ungkapnya, berdasarkan pantauan di lapangan, banyak keluarga ODGJ yang kesulitan mendapat akses pelayanan kesehatan jiwa. Hal tersebut disampaikan saat peresmian dan pengukuhan Yayasan Tulus Dharma Wiarta di Denpasar, Senin (26/4/2021). YTDW digagas sekaligus didirikan oleh Kadek Wiarta (Conceptor & Founder), ditopang oleh Gusti Ayu Witari (Founder), dan Wayan Tulus (Founder). Berdiri sejak 15 November 2007 dan berkedudukan di Banjar Pande, Desa Blahbatuh Gianyar. Diawali Kadek Wiarta yang berprofesi sebagai sopir pariwisata yang tulus menolong ODGJ.

Menurutnya, masalah ekonomi menjadi salah satu hambatan mereka untuk menjangkau layanan kesehatan jiwa yang saat ini hanya ada satu Rumah Sakit Jiwa di Bali. Masih ditemukannya adanya ODGJ yang diiisolasi dan diasingkan oleh keluarganya dengan alasan keberadaannya telah mengganggu lingkungan sekitar. Dukungan sosial terhadap ODGJ merupakan kunci utama penanganan ODGJ itu sendiri. Dukungan sosial sangat menentukan durasi pemulihan ODGJ.

“Kita menentukan dukungan sosial. Jangan lagi menstigmatisasi yang membuat keluarga mengalami tekanan sosial sehingga menjadi semakin terpuruk. Tak peduli seberapa kecil sumber daya daya kita apabila dikelola dengan baik dan benar, rendah hati kita percaya bahwa Tuhan akan memberikan pertolongan,” ujar Wiarta.

Mengusung visi menjadi lembaga sosial kemanusiaan yang tulus dalam pelayanan dan berperan secara aktif dalam kepedulian terhadap para ODGJ, Wiarta optimis YTDW dapat meningkatkan kualitas hidup mereka. Pertama, YTDW turut serta mengambil peran dalam meningkatkan layanan dan pembinaan kepada para ODGJ. Kedua, YTDW mendorong dan menumbuhkembangkan masyarakat dan kelompok-kelompok masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap ODGJ. Ketiga, YTDW berupaya untuk membantu para ODGJ khususnya yang tidak mampu untuk mendapatkan layanan kesehatan jiwa sesuai yang dibutuhkan.

Sementara itu, Sekretaris Suryani Institute Dr. dr. Cokorda Bagus Jaya Lesmana SpKJ (K), MARS mengapresiasi kehadiran YTDW. Tegasnya, yayasan tersebut sejalan Suryani Institute For Mental Health yang peduli terhadap ODGJ. “Kepedulian kepada ODGJ begitu besar, bahkan mereka menampung ganguan jiwa di rumah sendiri,” ungkapnya. Lebih-lebih, YTDW merancang unit usaha agar yayasan mandiri tidak tergantung pada pihak lain. Kehadiran Suryani Institut diharapkan membuat YTDW lebih dipercaya oleh masyarakat. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!