Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Giri Prasta Tebar 10.000 Benih Nila di Subak Munggu

MANGUPURA, BaliPolitika.Com- Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi menebar 10.000 benih ikan nila di aliran irigasi Subak Munggu, lingkungan Banjar Sedahan, Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, Sabtu (10/4/2021). Kegiatan yang diprakarsai Sekaa Teruna (ST) Tunjung Mekar, Banjar Sedahan ini disaksikan Wakil Ketua DPRD Badung I Made Sunarta, anggota DPRD Badung I Wayan Edy Sanjaya, Kadis Perikanan Badung I Nyoman Suardana, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, Perbekel Munggu I Ketut Darta, Ketua BPD I Rai Sidaparna, Bendesa Adat Munggu Made Rai Sujana, Ketua LPM, Karang Taruna dan Kelian se-Desa Munggu.

Giri Prasta sangat mengapresiasi kegiatan ST Tunjung Mekar yang peduli terhadap kelestarian lingkungan. Langkah itu ungkapnya patut dicontoh oleh generasi muda, lingkungan, banjar, dan desa lain agar alam dan lingkungan terjaga dengan baik. “Kami berikan apresiasi setulus-tulusnya kepada generasi millenial Banjar Sedahan. Dulu saya hadir di sini betul-betul kumuh, air sungai tidak mengalir dengan baik, bahkan ketika hujan sampai banjir ke pekarangan rumah warga. Namun hari ini saya lihat penataannya dan kebersihannya sudah luar biasa bagus sekali,” kata Bupati disambut tepuk tangan.

“Bila bumi dirawat dan alam dicintai, astungkara apa yang menjadi sebuah keinginan dan kebutuhan itu akan dapat terwujud. Kepercayaan saya, kita hidup bersama karena oksigen. Dengan adanya oksigen apalagi bersih, niscaya kita akan sehat semua,” sambungnya. Ke depan Giri Prasta mengaku akan memprioritaskan Subak Munggu untuk pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT). Sang Bupati pun menyerahkan bantuan pribadi senilai Rp 10 juta.

I Putu Agus Widiana Putra, Ketua ST Tunjung Mekar mengatakan penebaran benih ikan bertujuan meningkatkan populasi ikan dan melestarikan lingkungan sekaligus memenuhi gizi masyarakat. Bantuan 10.000 benih nila akan dipelihara dengan sistem kolam air deras di sungai sepanjang 200 meter. “Kami bersama anggota ST Tunjung Mekar akan memelihara ikan ini sebaik mungkin. Kami telah menyiapkan anggaran 5 juta untuk membuat sekat pembatas ikan di aliran sungai. Tentunya kami tidak henti-hentinya memohon dukungan kepada Bapak Bupati demi kelancaran kegiatan sekaa teruna baik itu kegiatan sosial, seni budaya maupun olahraga,” tandasnya. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!