Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Wisuda Ke-68, Unwar Lepas 217 Sarjana

TOLAK NGANGGUR: Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK., melepas wisudawan Unwar

 

 

DENPASAR, Balipolika.com- Universitas Warmadewa lepas 217 orang wisudawan pada upacara wisuda ke-68 periode Januari 2022, Sabtu (29/1) pagi ini. Upacara wisuda digelar secara langsung (offline) dibagi menjadi 2 sesi di Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Hingga saat ini, Unwar memiliki 36.006 orang alumni.

Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK., didampingi Wakil Rektor I dan II Unwar, beserta Ketua Panitia Wisuda merinci 217 orang yang diwisuda terdiri dari Fakultas Hukum 37 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 139 orang, FISIP 16 orang, Fakultas Sastra 10 orang, Fakultas Pertanian 9 orang, Fakultas Teknik dan Perencanaan 4 orang, dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan 2 orang. Raihan rata-rata IPK 3,39 dengan rata-rata masa studi 4,86 tahun.
Dari hasil Tracer Study terakhir tahun 2021 didapatkan masa tunggu lulusan 4,37 bulan, rata-rata gaji Rp 3.027.000, dan kesesuaian bidang kerja 62,32%.

Prof. Widjana mengatakan penguatan kelembagaan terus ditingkatkan dengan 26 program studi (prodi). 5 prodi di antaranya terakrediasi A dan Unggul, yaitu Prodi Peternakan, S1 Hukum, Pendidikan Dokter, Profesi Dokter, dan Magister Linguistik. Bahkan untuk meningkatkan kualitas kelembagaan ini sedang disusun untuk maju ke akreditasi internasional, yaitu prodi S1 Sastra Inggris dan S2 Linguistik. Akreditasi internasional yang ingin diraih adalah AQAS (Agency for Quality Assurance Assesment), yang merupakan lembaga akreditasi yang diakui dan disetarakan oleh BAN-PT.

Dalam pengembangan kapasitas sumber daya dosen terus diupayakan peningkatan jenjang pendidikan melalui studi lanjut ke jenjang S3. Jumlah dosen Unwar saat ini sebanyak 442 orang yang terdiri dari S3 sebanyak 122 orang (27,60%) dan sisanya pendidikan Magister (S2), dan untuk menambah dosen yang berpendidikan S3, saat ini sedang tugas belajar S3 sebanyak 55 orang. Bahkan, tahun 2022 ini ada tambahan Guru Besar, yaitu Prof Dr. Drs Wayan Wesna Astara, SH., M.Hum., sehingga menjadi 13 Guru Besar, 134 Lektor Kepala, 109 Lektor, Asisten Ahli 90 orang dan sisanya dosen baru yang masih dalam pengusulan jabatan akademik, dan telah lulus sertifikasi dosen 256 orang dan tenaga kependidikan sebanyak 239 orang.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali, Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengatakan Yayasan sebagai Badan Hukum Penyelenggara Pendidikan Unwar selalu berkomitmen untuk terus mengembangkan lembaga Unwar sebagai Perguruan Tinggi yang unggul, dalam menghadapi tantangan global sesuai dengan visi Universitas “Bermutu, Berwawasan Ekowisata, dan Berdaya Saing Global pada Tahun 2034”. (dah/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!