Pemerintahan

Sila V, Giri Siap Bantu 15 Banjar Kerobokan yang Dinas Denpasar

MANGUPURA, BaliPolitika.Com- Walau pandemi, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta masih tetap bares.  Menghadiri Upacara Ngeratep Karya Nyatur Rebah di Pura Ida Begawan Penyarikan Br. Tegallantang Kaja, Desa Adat Kerobokan, Tumpek Wariga, Sabtu (20/3) lalu. Selain menghaturkan sembah bakti Giri Prasta juga menghaturkan punia senilai Rp 225 juta yang bersumber dari APBD Badung dan 15 juta dari kantong pribadi.
Selaku kepala daerah Kabupaten Badung ia berkomitmen selalu ada dan membantu 15 banjar di Desa Adat Kerobokan yang secara administratif kewilayahan berada di Kota Denpasar. “Inilah wujud dari pengamalan sila ke-5 Pancasila, yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia,” ujarnya.

Bupati Giri Prasta berpesan agar masyarakat Banjar Tegallantang selalu mengedepankan rasa persatuan dalam setiap kegiatan adat setempat. Terlebih dalam urusan Upacara Dewa Yadnya. Terangnya, kegiatan dewa yadnya akan menumbuhkan keharmonisan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam lingkungannya (Tri Hita Karana). Puncaknya adalah kebahagiaan bagi masyarakat. “Upacara Dewa Yadnya juga mampu memutar roda perekonomian masyarakat sekitar karena segala kebutuhan dan perlengkapan yadnya yang berkaitan dengan upacara ini bisa dibeli dari masyarakat lokal,” ucapnya.

Prawantaka Karya, AA. Putu Sudarma menghaturkan terima kasih atas kehadiran Bupati Badung dalam Upacara Ngeratep Karya Pedudusan Alit Nyatur Rebah di Pura Begawan Penyarikan Br. Tegallantang Kaja Desa Adat Kerobokan. “Kami mewakili krama Banjar Tegallantang menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati dan Pemkab Badung. Meskipun secara kedinasan kami ada di wilayah Kota Denpasar, namun kami selalu dibantu terkait kegiatan adat, baik itu untuk dana aci, dana ogoh-ogoh maupun kegiatan yang lainnya,” terangnya..

Upacara yang dipuput oleh Ida Pedanda Griya Bajing Kesiman tersebut dihadiri Anggota DPRD Bali dapil Kota Denpasar I Ketut Suwandi, Bendesa Adat Kerobokan AA. Putu Sutarja, Perbekel Padangsambian Kelod, dan tokoh masyarakat Br. Tegallantang Kaja.(bp)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker