Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Tak Satu Jalur, Suwirta Lobi Empat Kementerian

SEMARAPURA, BaliPolitika.Com- Tak satu jalur bukan berarti Kabupaten Klungkung tidak bisa berbuat apa-apa. Justru sebaliknya, berkat lobi politik Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, hubungan dengan Pemprov Bali dan pusat berjalan harmonis sebab apa yang diperjuangkannya semata-mata untuk kepentingan rakyat. Untuk mewujudkan pembangunan Klungkung yang paripurna, Suwirta mengadakan audiensi di 4 Kementerian pada Kamis (18/2) dan Jumat (19/2). Turut mendampingi Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Baperlitbang) Klungkung Anak Agung Gede Lesmana dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung Anak Agung Gede Putra Wedana.

Kantor Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) serta Balai Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Kementerian PUPR RI merupakan 4 kementerian yang dikunjungi. Audiensi dilakukan untuk memaparkan kondisi dan capaian pembangunan, masalah dan kendala yang perlu mendapatkan penyelesaian serta mengungkap potensi yang dapat dikembangkan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Klungkung dari berbagai sektor.

Kunjungan diawali ke Kantor Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Dalam kunjungan tersebut, Bupati Suwirta diterima Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi bersama Direktur Prasarana dan Sarana. Di sana, Bupati Suwirta menyampaikan manfaat inovasi bedah desa yang mampu mengungkap segala permasalahan di setiap desa. Permasalahan itu dalam pembangunan dikemas menjadi usulan program dan kegiatan sebagai tindak lanjut dari penetapan Kabupaten Klungkung sebagai Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional.

Audiensi kedua di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Rombongan Bupati Suwirta diterima oleh Menteri Sandiaga Salahuddin Uno. Menparekraf menekankan bahwa pertemuan tersebut dimaknai sebagai upaya melakukan kolaborasi. Dalam kesempatan tersebut, Kabupaten Klungkung diberikan kesempatan pertama menyampaikan paparan. Bupati Suwirta menyampaikan potensi pengembangan pariwisata di Nusa Penida yang telah menyandang sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Turut hadir dalam paparan tersebut, Bupati Kabupaten Konawe Utara, Bupati Kabupaten Ambon, Bupati Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) dan Bupati Kabupaten Wonosobo.

Kemudian dilanjutkan ke Kantor Kementerian Perikanan dan Kelautan. Bupati Suwirta diterima oleh Menteri Sakti Wahyu Trenggono didampingi dirjen terkait. Pada kesempatan ini Menteri Trenggono langsung menugaskan direktur terkait untuk menindaklanjuti usulan pengembangan sektor perikanan dan kelautan di Klungkung. Di antaranya budi daya rumput laut, tambak, dan konservasi perairan. Kunjungan dilanjutkan menuju Kantor PT SMI dalam rangka menjajaki peluang pendanaan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Klungkung melalui program PEN.

Pada, Jumat (19/2), Bupati Suwirta dan rombongan mengunjungi Balai Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Kementerian PUPR RI, Dalam kunjungannya, rombongan Bupati Suwirta diterima Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah 2B, Allien Dyah Lestari. Bupati Suwirta menyampaikan, Nusa Penida menyandang 8 status nasional, namun belum mendapat perhatian. Diharapkan masalah air, jalan destinasi, tanggul, termasuk jalan lingkar dapat segera ditangani. Merespons laporan tersebut, Kabid Pengembangan Infrastruktur PUPR, Allien Dyah Lestari mengaku akan segera mengoordinasikan terkait usulan Pemda Klungkung. Termasuk apa yang dapat direalisasikan di tahun 2022.

Di akhir kunjungannya di 4 kementerian tersebut, Bupati Suwirta menyampaikan akan terus berusaha berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah usat. Hal itu dilakukan dalam rangka mengenalkan potensi Kabupaten Klungkung. Diharapkan dengan digarapnya segala potensi tersebut masyarakat Bumi Serombotan dapat menikmati dampak positif dari potensi yang dimiliki daerahnya. Untuk itu, Bupati Suwirta mengharapkan dukungan maksimal Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Republik Indonesia. Lebih lanjut, Bupati Suwirta juga berharap apa yang dilakukannya  dapat memberikan manfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Klungkung di berbagai sektor. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!