Pendidikan

Usir Jenuh, Siswa SDN 7 Benoa Buat Video Animasi Edukasi

MANGUPURA, BaliPolitika.Com- Tak bisa dipungkiri pembelajaran dari rumah alias daring selama pandemi Covid-19 membuat para siswa luar biasa jenuh. Tak hanya peserta didik, orang tua pun tak sedikit yang mengeluh karena harus meluangkan waktu membantu buah hati mereka mengerjakan tugas demi tugas. Mirisnya, karena mengerjakan tugas yang tak sedikit, waktu bermain anak pun terbatas.

Untuk mengusir jenuh, orang tua dituntut berkreativitas selama mendampingi anak belajar dari rumah. Segala cara dilakukan, mulai dari bermain game, nonton tv, maupun memberikan kebebasan anaknya bermain Handphone (HP). Upaya mengusir kebosanan tak hanya muncul dari orang tua, melainkan juga dari siswa. Salah satunya ditunjukkan oleh siswa kelas VI SD Negeri 7 Benoa, Kuta Selatan, Badung, bernama Putu Akalanka Putra Karnaedi.

Siswa kelahiran 28 Agustus 2009 ini justru memanfaatkan sosial media dan gawai yang sering digunakan pembelajaran daring untuk membuat animasi sederhana. Menariknya, dari sebagian besar animasi karyanya, seluruhnya mengandung unsur edukasi. Baik terkait protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 hingga edukasi dalam kehidupan sehari-hari.

Alan Putra, begitu dia akrab disapa mengaku belajar membuat animasi dari tutorial yang ditontonnya melalui channel youtube. Di sana, dia banyak belajar terkait teknik membuat animasi sederhana yang tentu juga untuk mengisi waktu luang selama belajar dari rumah. “Saya banyak belajar dari tutorial di Youtube. Memang animasi yang saya buat masih sederhana. Namun saya ingin menunjukkan dan menyampaikan pesan edukasi dalam animasi yang saya buat,” katanya.

Ditemui di kediamannya di kawasan Jimbaran, Badung, Alan Putra yang bercita-cita menjadi animator profesional ingin terus menekuni dunia animasi. Bahkan dirinya mempunyai mimpi untuk bisa belajar di Negeri Matahari Terbit, Jepang. Menurutnya industri animasi Jepang berkembang sangat bagus.

Untuk animasi yang dibuatnya, Alan Putra dibantu ibu dan adiknya dalam pengisian suara. Saat ini, ia masih belajar secara otodidak. Ke depan, Alan Putra ingin terus melatih teknik menggambar sehingga karakter animasi yang dibuat lebih bagus dan halus.

“Saat ini saya masih belajar otodidak. Pengen sih belajar sama orang yang sudah ahli dibidangnya. Tapi sekarang masih dalam suasana pandemi,” harapnya.

Dalam pembuatan animasi, ia hanya mengandalkan perangkat gawai. Untuk meningkatkan kemampuan membuat animasi, Alan Putra sudah mulai belajar melalui PC. “Untuk animasi yang saya buat, semua berisi edukasi dan kehidupan sehari-hari. Semoga animasi yang saya buat bisa menghibur dan bermanfaat,” harapnya.

Penasaran dengan karya animasi edukasi Alan Putra? Jangan khawatir. Anda bisa menikmatinya melalui akun instagram @alan_putra_k atau melalui channel Youtube : alan kece09. (bp)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker