Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Bulan Bahasa Bali Denpasar Tahun 2024 Ditutup

Jaya Negara Guyur BKK untuk Bendesa dan Banjar Adat

PELESTARIAN BUDAYA: Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat menyerahkan hadiah lomba serangkaian Utsawa Dharma Gita dan Bulan Bahasa Bali Kota Denpasar Tahun 2024 di Wantilan Pura Agung Lokanatha, Denpasar, Jumat, 9 Februari 2024.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Gelaran Utsawa Dharma Gita dan Bulan Bahasa Bali Kota Denpasar Tahun 2024 resmi ditutup ditandai dengan penyerahan piala, piagam, dan hadiah bagi pemenang lomba oleh Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara di Wantilan Pura Agung Lokanatha, Denpasar, Jumat, 9 Februari 2024.

Dalam kesempatan tersebut turut diserahkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada Bendesa Adat se-Kota Denpasar dengan nilai Rp50 juta dan kepada Banjar Adat se-Kota Denpasar sebesar Rp10 juta.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara, Kepala BPKAD Kota Denpasar, Putu Kusumawati, Bendesa Adat se-Kota Denpasar, Perbekel/Lurah se-Kota Denpasar serta undangan lainya.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dalam kesempatan tersebut menjelaskan Kota Denpasar sesuai dengan visi kota kreatif berbasis budaya menuju Denpasar Maju terus berupaya untuk mendukung pelestarian budaya dan sastra Bali.

Hal ini sejalan dengan kegiatan Utsawa Dharma Gita dan Bulan Bahasa Bali yang dilaksanakan kali ini.

Lebih lanjut dijelaskan, Utsawa Dharma Gita dan Bulan Bahasa Bali merupakan wahana untuk melestarikan sastra Bali.

Hal ini juga menjadi wahana pencariam bibit untuk persiapan kompetisi di jenjang berikutnya sehingga duta Kota Denpasar dapat memberikan yang terbaik dalam setiap perlombaan.

“Tentunya kegiatan ini sejalan dengan visi misi pembangunan Kota Denpasar, serta menjadi wahana pelestarian budaya dan sastra Bali, sehingga dapat menjadi ajang pembibitan untuk mempersiapkan wakil Denpasar di berbagai kompetisi,” ujarnya

Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara menjelaskan Bulan Bahasa Bali tahun ini turut menghadirkan beragam perlombaan, yakni Lomba Bali Simbar, Lomba Nyurat Lontar, Lomba Pidarta, Lomba Debat Bahasa Bali, Lomba Nyurat Aksara Bali, Lomba Ngwacen Lontar dan Lomba Mesatua Krama Istri dengan masing-masing lomba memperebutkan juara I, II dan III.

Selanjutnya untuk pelaksanaan Utsawa Dharma Gita turut menghadirkan beberapa lomba, yakni Lomba Palawakya Remaja Putra, Remaja Putri, Dewasa Putra dan Dewasa Putri, Lomba Kekawin Remaja Putra, Remaja Putri, Dewasa Putra dan Dewasa Putri, Membaca Sloka Remaja Putra dan Remaja Putri, serta Dharma Wecana Remaja Putra dan Remaja Putri dengan masing-masing lomba memperebutkan Juara I, II dan III.

“Tentunya melalui kedua kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang pembinaan, serta upaya berkelanjutan dalam melestarikan kesusatraan Bali yang adi luhung, sebagai bentuk penguatan dan pemajuan kebudayaan Bali,” ujarnya. (bp/ken)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!