Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Kesehatan

Bijak Pilah Informasi, Satgas Ajak Masyarakat Sukseskan Vaksinasi

JAKARTA, BaliPolitika.Com – Satgas Penanganan Covid-19 meluruskan sejumlah berita yang menjurus ke arah misinformasi dan disinformasi. Salah satunya berita yang berkembang bahwa negara Italia menduga Covid-19 bukanlah virus, melainkan bakteri.

Hal itu berkembang sejalan dengan tahapan program vaksinasi yang dilakukan pemerintah. “Perlu dipahami bahwa berita tersebut adalah hoaks atau tidak benar,” tegas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (5/1/2021).

Ia menjelaskan Severe Acute Respiratory Syndrome Corona Virus – 2 (Sars Cov-2) yang dikenal dengan virus Corona adalah jenis baru dari Corona Virus. Virus ini menular dari manusia ke manusia. Untuk itu masyarakat perlu bijak dalam mengolah dan menerima informasi. Serta berpartisipasi dalam menyebarkan informasi yang benar dan terpercaya pada orang-orang terdekat.

Untuk itu masyarakat diminta tetap menjaga diri dan tidak lengah selama masa pandemi Covid-19. Ungkapnya, pemerintah sedang bekerja keras mempersiapkan program vaksinasi Covid-19.

“Vaksin akan lebih efektif melindungi masyarakat saat vaksinasi dilakukan pada kondisi yang lebih terkendali di mana laju penularan rendah. Daripada vaksinasi saat laju penularannya tinggi. Karena peluang tidak tercapainya kekebalan komunitas (herd immunity) akan semakin besar apabila laju penularannya tinggi,” jelas Wiku. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!