Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Hukum

Sah, Pemucuk Pemangku Pura Agung Besakih I Gusti Mangku Bagus Jana

Bukan Jero Mangku Anglurah Bendesa I Putu AR

SAH: Surat Keputusan Gubernur Bali Nomor 572/ 01-A/ HK/ 2023 tentang Pembentukan dan Susunan Keanggotaan Paiketan Pemangku Parahyangan di Lingkungan Pura Agung Besakih, Karangasem yang ditetapkan di Bali pada 6 Juni 2023 dan ditandatangani Gubernur Bali Wayan Koster.

 

KARANGASEM, Balipolitika.com- Respons Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali Nyoman Kenak tentang oknum akademisi merangkap personil Polda Bali yang diduga berselingkuh dan dikait-kaitkan dengan pemucuk atau ketua dari Paiketan Pemangku di Pura Agung Besakih, Desa Adat Besakih, Karangasem menjadi atensi banyak pihak.

Menjawab pertanyaan tersebut, Nyoman Kenak dikonfirmasi redaksi balipolitika.com menyebut Keanggotaan Paiketan Pemangku Pura Agung Besakih terdapat dalam Surat Keputusan Gubernur Bali Nomor 572/ 01-A/ HK/ 2023 tentang Pembentukan dan Susunan Keanggotaan Paiketan Pemangku Parahyangan di Lingkungan Pura Agung Besakih, Karangasem yang ditetapkan di Bali pada 6 Juni 2023 dan ditandatangani Gubernur Bali Wayan Koster.

Keputusan Gubernur Bali Nomor 572/01-A/HK/2023 ini ditembuskan antara lain kepada Ketua DPRD Provinsi Bali, Bupati/Wali Kota se-Bali, Inspektur Daerah Provinsi Bali, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Bali, Kepala Biro Pemerintah dan Kesra Setda Provinsi Bali, Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Bali, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Bali, dan kepada yang bersangkutan. 

Diketahui dalam lampiran Keputusan Gubernur Bali Nomor 572/ 01-A/ HK/ 2023 tentang Pembentukan dan Susunan Keanggotaan Paiketan Pemangku Parahyangan di Lingkungan Pura Agung Besakih, Karangasem tidak tercantum nama oknum polisi berinisial lengkap Dr. AKP I Putu AR, SH., MH bergelar Jero Mangku Anglurah Bendesa I Putu AR meski si oknum disebut-sebut sebagai pamucuk pemangku Pura Besakih oleh Bendesa Adat Besakih Jero Mangku Widiartha. 

Mengacu Surat Keputusan Gubernur Bali Nomor 572/ 01-A/ HK/ 2023 yang ditetapkan 6 Juni 2023, namun baru diterima oleh Ketua Paiketan Pemangku Parahyangan di Lingkungan Pura Agung Besakih, I Gusti Mangku Bagus Jana, pada Sabtu, 4 November 2023, ada 26 orang pemangku yang terdaftar secara resmi.

Adapun Susunan Keanggotaan Paiketan Pemangku Parahyangan di Lingkungan Pura Agung Besakih, Karangasem, sebagai berikut.

Pemucuk : I Gusti Mangku Bagus Jana, Pemangku Pura Penataran Agung dan Pura Ulun Kulkul

Penyarikan : Jro Mangku I Komang Artha Susila Adi Suputra, Pemangku Pura Merajan Kanginan

Juru Raksa : Jro Mangku I Wayan Cagoan, Pemangku Pura Penataran Agung

Angga

  1. I Gusti Mangku Ngurah Kubayan, Pemangku Pura Dalem Puri dan Pura Merajan Selonding
  2. Jro Mangku Sueca, Pemangku Pura Penataran Agung
  3. Jro Mangku Darma, Pemangku Pura Penataran Agung
  4. Jro Mangku Wisnu, Pemangku Pura Penataran Agung
  5. Jro Mangku Widiartha, Pemangku Pura Batumadeg
  6. Jro Mangku I Wayan Sudarta, Pemangku Pura Prajapati Hyang Aluh/ Jenggala. 
  7. Jro Mangku I Ketut Suarnika, Pemangku Pura Kiduling Kreteg
  8. Jro Mangku I Nengah Suarta, Pemangku Pura  Kiduling Kreteg
  9. Jro Mangku I Made Pinda, Pemangku Pura Basukian Puseh Jagat
  10. Jro Mangku Kariasa, Pemangku Pura Merajan Kanginan
  11. I Gusti Mangku Ngurah Putu Astika. Pemangku Pura Pesimpangan
  12. Jro Mangku I Nyoman Sudira, Pemangku Pura Tirta Pingit (Amerta Sakti Maurip)
  13. Jro Mangku I Nyoman Artawan, Pemangku Pura Pangubengan
  14. Jro Mangku Kadek Agus Wiratawan, Pemangku Pura Banua
  15. I Gusti Mangku Alit Astawa, Pemangku Pura Manik Mas dan Pura Bangun Sakti
  16. Jero Mangku I Putu Eka Puja, Pemangku Pura Gelap
  17. Jero Mangku I Wayan Kartika, Pemangku Pura Basukihan Puseh Jagat
  18. I Gusti Mangku Ngurah Bararuna, Pemangku Pura Goa Raja
  19. Jero Mangku I Nengah Suartama Yasa, Pemangku Pura Peninjoan
  20. Pande Jero Gede Sudarta, Pemangku Pura Catur Lawa Ratu Pande, Pura Dalem Tegal Penangsaran, dan Pura Pemuputan
  21. Jero Mangku I Nengah Mangku Pageh, Pemangku Pura Catur Lawa Ratu Pasek
  22. I Gusti Mangku Jelantik, Pemangku Pura Catur Lawa Ratu Penyarikan
  23. I Mangku Jiwa, Pemangku Pura Catur Lawa Ratu Dukuh.

 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali Nyoman Kenak mengaku mendapat banyak pertanyaan dari masyarakat maupun media terkait oknum akademisi merangkap anggota polisi Polda Bali yang diduga berselingkuh. 

Pasalnya, oknum tersebut dikabarkan menyandang gelar pamucuk atau ketua dari Paiketan Pemangku di Pura Agung Besakih, Desa Adat Besakih, Karangasem. 

“Saya sudah konfirmasi dengan Jero Bendesa Besakih. Beliau cerita banyak kondisinya. Tapi tidak bisa saya sampaikan. Kesimpulannya, itu adalah oknum,” ungkap Kenak ketika diwawancarai sejumlah media, Selasa, 7 November 2023. 

Keanggotaan Paiketan Pemangku Pura Agung Besakih terdapat dalam Surat Keputusan Gubernur Bali Nomor 571/ 01-A/ HK/ 2023. 

Di dalamnya Ketua Paiketan bernama I Gusti Mangku Bagus Jana, yang merupakan Jero Mangku Pura Penataran Agung dan Pura Ulun Kulkul. (tim/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!