Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Gaya HidupOtomotif

Rheza Podium Kedua ARRC China, Astra Honda Pastikan Juara Asia

Pebalap Astra Honda Racing Team, Rheza Danica Ahrens Berjaya

DULANG PRESTASI: Rheza Danica Ahrens meraih podium kedua pada race pertama seri kelima ajang Asia Road Racing Champhionship (ARRC) 2023, kelas Asia Production 250cc (AP250) di Zhuhai International Circuit, China pada 4 November 2023

 

JAKARTA, Balipolitika.com– Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Rheza Danica Ahrens meraih podium kedua pada race pertama seri kelima ajang Asia Road Racing Champhionship (ARRC) 2023, kelas Asia Production 250cc (AP250) di Zhuhai International Circuit, China pada 4 November 2023. Hasil ini memperkuat posisi 3 besar klasemen yang dikuasai pebalap AHRT yang menunggangi CBR250RR yaitu Rheza bersama Veda Ega Pratama dan Herjun Atna Firdaus, di mana salah satu pebalap AHRT ini dipastikan akan menjadi juara Asia AP250.

Balapan ARRC di Zhuhai, China dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi para pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk meraih podium tertinggi. Rheza bersama rekan setimnya, Veda dan Herjun tampil agresif sepanjang balapan berlangsung.

Dari hasil yang didapatkan pada sesi kualifikasi kelas AP250, Veda mampu menempati posisi pertama dengan catatan waktu tercepat 1:50.117. Sedangkan Rheza dan Herjun memulai balapan dari posisi keempat dan kelima dengan raihan catatan waktu tercepat 1:50.583 dan 1:50.741.

Selepas start race pertama pada Sabtu, 4 November 2023, Rheza sempat kesulitan mempertahankan posisinya hingga turun ke posisi ketujuh. Secara perlahan, Rheza mampu masuk dalam rombongan terdepan bersama tiga pebalap lainnya. Memasuki lap kelima, ia tampil secara konsisten dan impresif dengan memberikan perlawan yang ketat untuk pebalap lainnya. Akhirnya, Rheza berhasil finis pada posisi kedua setelah bersaing pada tikungan terakhir hingga menyentuh garis finis.

Veda juga tampil dominan sepanjang balapan. Pebalap muda ini dapat mempertahankan posisi pertama sejak awal balapan dan mampu memperlebar jarak dengan pebalap lainnya hingga 7 detik. Namun, Veda harus menjalani hukuman ride trough yang dijalaninya di lap 8, hingga harus puas finis pada posisi keenam. Sedangkan pebalap lainnya, Herjun harus menyelesaikan balapan lebih cepat akibat terjatuh pada tikungan terakhir pada lap kedua.

Dengan hasil ini, juara AP250 dapat dipastikan digenggam oleh pebalap AHRT mengingat posisi klasemen sementara diduduki 3 pebalap AHRT yaitu Rheza pada posisi pertama dengan perolehan 175 poin, Herjun pada posisi kedua dengan 149 poin, dan Veda pada posisi ketiga dengan total 110 poin.

Pada kelas Supersport 600cc (SS600), pebalap AHRT Adenanta Putra start dari posisi tiga yang didapatkan dari hasil kualifikasi dengan catatan waktu tercepat 1:36.893. Sejak awal balapan, Adenanda bersaing dengan pebalap lainnya yang berada di grup terdepan. Pada pertengahan balapan berlangsung, terjadi insiden dan red flag dikibarkan sehingga balapan terhenti sesaat. Balapan dilanjutkan dengan persaingan ketat antar pebalap pada 4 lap terakhir. Adenanta tertahan pada rombongan kedua dan harus puas finis pada posisi ke-8.

Pada kelas Asia Superbike 1000cc, Andi Farid Izdihar yang saat ini tergabung di Honda Asia-Dream Racing memberikan kemampuan terbaiknya dengan menunggangi CBR1000RR. Start dari posisi kedua, dirinya bersaing ketat pada rombongan pertama dengan menghadapi tiga pebalap lainnya untuk perebutan podium. Andi akhirnya finis pada posisi keempat.

Balapan kedua pada seri kelima ARRC di Zhuhai, China akan digelar pada Minggu, 5 November 2023. Kelas AP250 berlangsung pada pukul 13:30 WIB dan kelas SS600 pada pukul 14:20 WIB.(bp/luc)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!