Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

111 Mahasiswa 52 Fakultas Kedokteran se-Indonesia Berkumpul di Bali

DIBUKA: Rektor Universitas Udayana (Unud) Prof. I Nyoman Gde Antara membuka Musyawarah Nasional (Munas) XXI dan Jambore Nasional XXVII PTBMMKI bertempat di Ballroom Hotel Mahajaya Denpasar, Kamis, 27 Juli 2023.

 

DENPASAR, Balipolitika.com Rektor Universitas Udayana (Unud) Prof. I Nyoman Gde Antara membuka Musyawarah Nasional (Munas) XXI dan Jambore Nasional XXVII PTBMMKI bertempat di Ballroom Hotel Mahajaya Denpasar, Kamis, 27 Juli 2023.

PTBMMKI (Perhimpunan Tim Bantuan Medis Mahasiswa Kedokteran Indonesia) adalah organisasi induk nasional dari organisasi Tim Bantuan Medis (TBM) Fakultas Kedokteran (FK) seluruh Indonesia.

TBM Janar Duta FK Unud adalah salah satu TBM tertua di Indonesia. Tim Bantuan Medis sendiri adalah organisasi yang bergerak di bidang kegawatdaruratan medis dan kepecintaalaman.

Acara musyawarah nasional dan jambore nasional, tiap tahun diadakan dan tahun ini tuan rumahnya TBM Janar Dūta dari FK Unud di Bali, tahun lalu di FK Univ Muhammadiyah Semarang.

Munas yang dilaksanakan sama seperti munas pada umumnya, pembacaan LPJ, pembahasan AD ART, dan pemilihan ketua PTBMMKI yang baru.

Sementara untuk jambore nasional (jamnas)-nya nanti akan melaksanakan praktik manajemen bencana yang kerjasama dengan BPBD, dan praktik evakuasi perairan laut yang kerjasama dengan Basarnas di pantai jerman.

Adapun jumlah peserta kegiatan ini sebanyak 111 orang dari 52 TBM dari 52 Fakultas Kedokteran Universitas di seluruh Indonesia.

Ketua Panitia Erick Gonata mengatakan tahun ini tuan rumah musyarawah nasional dan jambore nasional PTBMMKI ada di Bali yakni FK Unud dan ini menjadi suatu kebanggaan besar bagi TBM Janar Duta menjadi tuan rumah salah satu acara terbesar dari PTBMMKI ini.

Setelah dua tahun pelaksanaan kegiatan ini secara online dan tahun lalu secara hybrid, tahun kita memberanikan diri menyelenggarakannya full luring.

Tema kegiatan ini yakni “Vasudhaiva Kutumbakam : Seluruh Bumi Tidak Lain adalah Satu Keluarga” dimana tersirat harapan yang besar bahwasanya dari manapun kita berasal dapat menjalin tali persaudaraan karena tidak lain atau tidak bukan kita adalah satu keluarga.

Wakil Dekan III FK Unud Prof. I Made Adi Wirawan dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang di Bali kepada delegasi dari 52 unit TBM yang ada di Indonesia.

Wakil Dekan berharap Munas berjalan dengan lancar dan meminta peserta untuk belajar berdiplomasi dalam diskusi yang akan dilaksanakan pada saat musyawarah.

Sementara Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara menyampaikan ucapan terima kasih kepada PTBMMKI yang telah memberikan kepercayaan kepada FK Unud untuk melaksanakan munas dan jambore di Bali.

Melalui kesempatan tersebut Rektor juga memperkenalkan sekilas mengenai Universitas Udayana. Rektor berharap munas dan jamnas berjalan dengan lancar dan terpilih yang terbaik untuk membawa organisasi kedepan sesuai keinginan anggota.

Rektor juga menawarkan agar munas dan jambore berikutnya dapat kembali di gelar di Bali. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!