Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Bupati Rasa Gubernur Giri Prasta Tegaskan Banjar Harus Dikuatkan

UPACARA SUCI: Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta hadiri Karya Ayu Ngenteg Linggih Wraspati Kalpa di Pelinggih Bhagawan Penyarikan, Bale Banjar Gulingan, Rabu, 11 Mei 2022.

 

 

MANGUPURA.Balipolitika.com– Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta menghadiri rangkaian karya tersebut pada Rabu, 11 Mei 2022.

Sang Bupati menandatangani prasasti karya dan menyerahkan dana punia secara pribadi sebesar Rp 20 juta.

Hadir mendampingi Bupati, anggota DPRD Provinsi Bali I Bagus Alit Sucipta, anggota DPRD Badung I Nyoman Gede Wiradana, I Made Ponda Wirawan, Ni Luh Putu Sekarini, Luh Kadek Suastiari dan Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa.

Giri Prasta menyampaikan terima kasih dan mengajak krama ngrastiti bhakti ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

“Kami merasa bangga melihat kekompakan krama Gulingan. Terlebih krama banjar yang lain juga ikut membantu karya ini. Yang terpenting yadnya didasari manah suci ning nirmala. Suksesnya karya suci ini akan menjadi warisan dan jembatan emas bagi anak cucu di kemudian hari,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bupati Giri Prasta mengharapkan tiga pilar utama di banjar terus dikuatkan. Tiga pilar tersebut yakni anak-anak (wimuda), sekaa teruna (winata) dan orang tua (wiwerda).

“Bila tiga pilar ini bersatu kami yakin Banjar Gulingan akan lebih maju,” tambahnya.

Mengenai pembangunan balai banjar yang belum selesai, Bupati berkomitmen akan menyelesaikan pembangunan tersebut dan ditarget paling lambat tahun 2023 sudah selesai termasuk pembangunan lainnya yang ada di wilayah Darmasaba.

Manggala Karya I Made Kurun, SAg menyampaikan terima kasih kepada Bupati Badung yang membantu sehingga pembangunan balai banjar dapat terlaksana dengan baik meskipun belum rampung 100 persen.

Ungkapnya yadnya yang digelar mendapat dukungan dari banjar yang lain seperti Br. Bucu, Baler Pasar, Telanga, Tengah dan Br. Bersih. Krama Banjar Gulingan. Puncak karya bertepatan dengan Tumpek Wariga dilanjutkan upacara Metatah yang diikuti 27 orang dan Mepetik 14 orang. (lit/bp)

 

 

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!