Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

24 Negara Latihan Cegah Dini Tsunami

DENPASAR, BaliPolitika.Com– Kegiatan IOWave20, yakni latihan sistem peringatan dini dan mitigasi tsunami 2 (dua) tahunan kembali diselenggarakan oleh Intergovernmental Commision Group/ Indian Ocean Tsunami Warning Mitigation System (ICG/IOTWMS)-UNESCO. Program ini berlangsung dengan tujuan mengevaluasi rantai peringatan dini tsunami dan kesinambungan SOP antara BMKG dengan Stakeholder terkait Uji SOP, keterlibatan para pihak, tautan komunikasi di daerah terkait Operator 24/7 termasuk kelengkapan alat komunikasi. Sekaligus mengevaluasi kesiapan stakeholder dalam menerima dan tingkat pemahaman pesan warning tsunami dari BMKG dalam penerimaan Informasi melalui WRS New Generation (WRS NG) yang sudah di pasang di kantor BMKG, BPBD, media di seluruh Indonesia.

INDIAN OCEAN WAVE EXERCISE 20 berlangsung, Selasa, (6/10/2020) pukul 10.00-12.15 dengan metode TTX (Table Top Exercise) secara Virtual. Peserta latihan diikuti oleh 24 negara di Samudera Hindia. Indonesia diwakili BMKG Pusat, Balai Besar dan UPT BMKG, BNPB, Media, serta 97 BPBD Kab/Kota terdampak dari 25 Provinsi diantarannya BPBD Provinsi Bali , BPBD Kota Denpasar, BPBD Kabupaten Badung, BPBD Kabupaten Tabanan, BPBD Kabupaten Klungkung, BPBD Kabupaten Jembrana, BPBD Kabupaten Buleleng, dan BPBD Kabupaten Karangasem.

Hasil dari pelatihan INDIAN OCEAN WAVE EXERCISE 20 yaitu penyesuaian SOP terhadap perkembangan WRS NG dan penerapan sistem mitigasi di masa pandemi serta memastikan kesiapan stakeholder dalam menerima informasi tsunami. Penggunaan WRS New Generation dalam TTX ini sangat baik dan tepat waktu. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!