Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Adi Arnawa Buka Pelayang Cemagi Kite Festival I

Kucurkan Dana Motivasi Rp30 Juta

LESTARIKAN BUDAYA: Sekda Adi Arnawa menarik layangan sebagai tanda dibukanya Pelayang Cemagi Kite Festival I di Carik Semenur, Subak Uma, Desa Cemagi, Minggu, 8 Oktober 2023.

 

BADUNG, Balipolitika.com Pelayang Cemagi Kite Festival I yang diikuti 700 peserta dari seluruh Bali dengan kategori Bebean Plastik, Bebean Kain, Bebean Big Size, Janggan, Janggan Buntut, Pecukan, dan Cotekan Bolong resmi dibuka oleh Bupati Badung diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa ditandai dengan menarik layangan dengan seluruh undangan bertempat di Carik Semenur, Subak Uma, Desa Cemagi, Minggu, 8 Oktober 2023.

Turut hadir Perbekel Desa Cemagi Putu Hendra Sastrawan, BPD Desa Cemagi I Made Puspita, Bendesa Adat Cemagi Ketut Karpiana, Bendesa Adat se-Desa Cemagi, Ketua Pengelola Desa Wisata Cemagi I Wayan Anta, anggota DPRD Kab. Badung Wayan Edi Sanjaya, Babinkamtibmas, tokoh masyarakat Desa Cemagi Wayan Bawa dan peserta Pelayang Cemagi Kite Festival.

Sebagai bentuk dukungan dan motivasi, Pemkab Badung memberikan bantuan dana Kegiatan Kesra Kabupaten sebesar Rp30 juta yang diserahkan langsung Sekda Adi Arnawa kepada Ketua Panitia Made Sukrisna.

Adi Arnawa atas nama pemerintah menyambut baik atas pelaksanaan kegiatan Pelayang Cemagi Kite Festival I karena kegiatan ini tidak semata-mata berupa hiburan tetapi juga merupakan bagian pelestarian adat dan seni budaya dimana seperti diketahui layangan merupakan bagian dari sejarah Rare Angon.

“Melalui lomba layang-layang ini diharapkan akan tetap menjadi suatu bagian dari kehidupan kita. Saya bersama pemerintah sangat memberi apresiasi dan tentu berharap bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini harus tetap didorong di samping menjaga solidaritas, persatuan dan kesatuan. Lebih-lebih dalam waktu dekat ini sudah mulai menghadapi pesta demokrasi. Seperti yang sering disampaikan oleh pemerintah bagaimana kita melaksanakan pesta demokrasi dengan suasana riang dan gembira. Saya yakin dan percaya kalau Desa Cemagi suatu daerah yang sangat solid dan bersatu, tidak terpecah-pecah karena bagaimanapun juga itulah yang kita harapkan dalam rangka menjaga pariwisata yang berkelanjutan karena sektor pariwisata merupakan sumber pendapatan kita di Badung,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Made Sukrisna dalam laporannya  mengucapkan terima kasih kepada Sekda Adi Arnawa yang telah hadir mewakili Bupati Badung beserta dengan seluruh peserta lomba Pelayang Cemagi Kite Festival I.

Lomba ini merupakan suatu wadah yang dibentuk untuk seluruh Rare Angon yang ada di Desa Cemagi dan Badung pada umumnya.

Ke depan diharapkan menjadi organisasi positif di kalangan masyarakat dibawah naungan Pemerintah Desa Cemagi.

“Event kali ini diikuti oleh 700 peserta dari berbagai kategori yang diikuti Rare Angon seluruh Bali. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya Pelayang Cemagi Kite Festival,” jelasnya. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!