Politik

Mau Dengar “Suara Rakyat”, Lengut Generation Dukung Massker

The Spirit of Bali Jadi Roh Karangasem

KARANGASEM, BaliPolitika.Com– Nilai-nilai otektik Bali di tengah gempuran modernisasi dan komersialisasi budaya masih bertahan di Kabupaten Karangasem. Sebagai “museum hidup” Pulau Dewata yang berkomitmen menjaga “atma Bali” lewat adat, budaya, dan tradisi, semangat Karangasem menjadi the Spirit of Bali dinilai layak dilanjutkan. Organisasi kepemudaan Lengut Generation, Desa Jungutan, Karangasem berkomitmen mendukung perjuangan I Gusti Ayu Mas Sumatri ke periode kedua.

“Karangasem the Spirit of Bali menjadi angin segar bagi masyarakat kami. Ibu Mas Sumatri mampu memetakan potensi pariwisata Karangasem. Sebagai sosok ibu sekaligus pemimpin daerah, kami menilai Beliau sungguh-sungguh berjuang dan memiliki semangat tinggi untuk bekerja, bekerja, dan bekerja,” ucap I Made Parnawa, Kamis (1/10/2020). Warga Desa Jungutan sekaligus motor penggerak Lengut Generation itu menyebut konsep Karangasem The Spirit of Bali yang diperjuangkan Mas Sumatri membuat iklim investasi di Bumi Lahar makin bergeliat. Di sisi lain, kelestarian alam dan budaya agraris masyarakat tetap terpelihara.

“Di desa saya, Desa Jungutan lahir destinasi desa wisata seperti Samsara Living Museum, Bukit Surga, Bukit Mimpi, Bukit Mawar, dan beberapa destinasi lain yang menyuguhkan panorama alam mempesona. Hal ini meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Karangasem. Berbeda dengan Badung dan Denpasar, kami lebih menawarkan konsep wisata alam. Kami ajak turis mengunjungi kehidupan kami yang sesungguhnya,” ungkap pria murah senyum yang akrab disapa Bondi itu.

Bondi yang kini dipercaya sebagai Koordinator Relawan GMT Desa Jungutan sekaligus Wakil Ketua DPD Partai Nasional Demokrat (NasDem) Karangasem menyebut Mas Sumatri memberikan warna berbeda bagi Bali. “Semangat restorasi, yakni perubahan ke arah yang lebih baik mengalir dalam diri seorang Ibu Bupati Mas Sumatri. Sentuhan seorang pemimpin wanita memang berbeda. Bekerja dengan hati dan cenderung hati-hati demi kebaikan masyarakat,” bebernya.

Hal serupa disampaikan I Wayan Putu Mahendra, Penglingsir Dadia Sameton Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi Desa Jungutan. Ketua Tim Pemenangan Paket SMS (I Wayan Sudirta- Made Sumiati) Kecamatan Bebandem di Pilkada Karangasem 2015 itu yakin Mas Sumatri akan membawa Karangasem semakin hebat lewat sejumlah program yang berkiblat pada masyarakat. Bersama Made Sukarena, Mas Sumatri akan mampu berbuat lebih banyak bagi rakyat.

“Pastinya paket yang sangat diidamkan masyarakat untuk membangun Karangasem ke arah yang lebih maju. Keduanya juga mau mendengar keluhan, kritik, dan saran masyarakat dengan lapang dada,” ungkap Mahendra. Kedewasaan paket Massker dalam berdemokrasi ini diakui Kelian Banjar Adat Abiantihing, I Wayan Sadia dan tokoh masyarakat Desa Jungutan I Gede Toya patut dijadikan contoh. “Banyak pemimpin pintar di Bali namun belum tentu mau mendengar curahan hati, kritik, dan saran dari masyarakat kecil seperti kami,” ungkapnya. (bpk)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker