Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Ligia Tomas Coreeia Raih Gelar Doktor Ilmu Peternakan FAPET Unud

Ujian Terbuka Promosi Doktor Lígia Tomás Correia merupakan Wakil Rektor di Bagian Kemahasiswaan dan Koordinator Kebijakan dalam urusan Jender Universitas Nasional Timor Lorosa’e (UNTL)

 

DENPASAR, Balipolitika.com– Fakultas Peternakan Universitas Udayana, kembali melahirkan seorang Doktor di bidang Ilmu Peternakan, Lígia Tomás Correia merupakan Wakil Rektor di Bagian Kemahasiswaan dan Koordinator Kebijakan dalam urusan Jender Universitas Nasional Timor Lorosa’e (UNTL), melalui ujian terbuka promosi doktor yang dipimpin Ketua Sidang, Koordinator Program Studi Doktor Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. Ni Nyoman Suryani, M.Si (Senin, 3 Oktober 2022).

Tim Promotor terdiri dari Prof. Dr. Ir. I Wayan Suarna, M.S, Prof. Dr. Ir. Ni Nyoman Suryani, M.Si, dan Dr. Ir. I Gusti Lanang Oka Cakra, M.Si. Promosi Doktor pada hari ini menghadirkan 6 orang dosen penyanggah dan 4 orang dosen undangan akademik dari Fapet Unud. Disertasi yang berhasil dipertahankan berjudul “DAMPAK ASOSIASI RUMPUT GAJAH KATE (Pennisetum purpureum cv. Mott) DENGAN LEGUM KLITORIA (Clitoria ternatea L.) TERHADAP KONDISI LINGKUNGAN TUMBUH TANAMAN, SERAPAN KARBON DAN KECERNAAN IN VITRO HIJAUAN”.

Hasil penelitian disertasi mendapatkan novelty bahwa Pemberian dosis inokulum rhizobium 10 g kg-1 benih C. ternatea pada saat ditanam adalah terbaik pada legum klitoria (C. ternatea L.) pada pola monokultur, pemberian pupuk organik cair berbasis feses sapi dengan konsentresi 1 liter POC berbanding 2 liter air dan frekuensi pemberian pupuk organik cair (POC) dua hari sekali adalah terbaik pada rumput gajah kate , serta penanaman rumput gajah kate dan legum dengan pola asosiasi dengan 2, 3 atau 4 antara rumput gajah kate dipupuk POC dan berinokulum rhizobium dapat memberikan nilai kecernaan yang baik pada pola asosiasi untuk Bahan Kering (BK) adalah 71,69%, Bahan Organik (BO) 65, 86%, Protein Kasar (PK) 36,28% dan Serat Kasar (SK) 16,61% hijauan dan berpengaruh terhadap kondisi tumbuh tanaman, serapan karbon dan kecernaan in vitro hijauan.” papar Lígia Tomás Correia. Tujuannya dari penelitian yang dilakukan adalah : 1. Mengevaluasi dampak legum klitoria (Clitoria ternatea L.) dengan dosis dan waktu penambahan inokulum rhizobium terhadap kondisi lingkungan tumbuh tanaman. 2. Mengevaluasi dampak rumput gajah kate dengan konsentrasi dan frekuensi pemberian pupuk organik cair (POC) berbasis feses sapi terhadap kondisi lingkungan tumbuh tanaman. 3. Mengevaluasi dampak asosiasi rumput gajah kate dengan legum klitoria (Clitoria ternatea L.) terhadap kondisi lingkungan tumbuh tanaman, serapan karbon dan kecernaan in vitro hijauan. (bp/lit/www.unud.ac.id)

 

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!