Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Srikandi Sakura Sabet Juara 1 Debat Bahasa Bali

Wakili Badung di Tingkat Provinsi

RAWAT BAHASA IBU: Tiga Srikandi Sakura- julukan SMAN 1 Kuta Utara- menyabet juara 1 Lomba Debat Bahasa Bali antar SMA/SMK se- Badung. Mereka adalah Ni Luh Gede Ganinda Prameiswary (kelas XI IPS 5), Ni Putu Manda Tefania Bhakti (XI IPS 4), dan Ni Putu Devi Arista Wulandari (XII MIPA 3). 

 

DENPASAR, Balipolitika.comSiswa SMA Negeri 1 Kuta Utara menunjukkan taringnya di rangkaian Bulan Bahasa Bali V Tahun 2023.

Tak main-main, tiga Srikandi Sakura- julukan SMAN 1 Kuta Utara- menyabet juara 1 Lomba Debat Bahasa Bali antar SMA/SMK se- Badung.

Tim Debat Bahasa Bali Sakura yang dibina oleh Wayan Wisnawan, S.Pd. dan Made Ayu Artarini, S.Pd. ini terdiri atas Ni Luh Gede Ganinda Prameiswary (kelas XI IPS 5), Ni Putu Manda Tefania Bhakti (XI IPS 4), dan Ni Putu Devi Arista Wulandari (XII MIPA 3).

Ganinda, salah seorang anggota Tim Debat Bahasa Bali Sakura menjelaskan bahwa lomba dimulai pada Kamis, 2 Februari 2023. Pada tahap awal dilakukan penyeleksian berpatokan pada nilai tertinggi.

Tahap ini diikuti oleh 14 SMA/SMK se-Badung dan dinilai langsung oleh dewan juri profesional dari berbagai wilayah.

Mengusung tema “Segara Kerthi Campuhan Urip Sarwa Prani”, jelas Ganinda Lomba Debat Bahasa Bali dalam rangka memperingati Bulan Bahasa Bali V Tahun 2023 terdiri dari 8 mosi berbahasa Bali alus.

Hal ini membuat para peserta harus menerjemahkannya menjadi bahasa Indonesia terlebih dahulu agar bisa menentukan pokok pikiran, baik pro maupun kontra.

Hal tersebut menjadi salah satu kesulitan yang dihadapi Ganinda karena lomba ini juga merupakan lomba debat pertama yang ia ikuti.

Namun akhirnya dengan memenuhi kriteria yang ditentukan, yakni penyusunan strategi secara matang, penggunaan bahasa Bali yang baik serta isi dari debat dan cara tim membangun argumen untuk menjatuhkan lawan, akhirnya Tim Sakura didaulat menjadi yang terbaik.

“Senang, bersyukur, dan puas sekali karena apa yang kami raih sudah sepadan dengan apa yang kami korbankan. Namun, di sisi lain, saya juga merasa memegang tanggung jawab yang lebih besar lagi karena selanjutnya kami akan mengikuti perlombaan di tingkat provinsi untuk mewakili Kabupaten Badung pada tanggal 20 Februari 2023 nantinya” tutur Ganinda.

Ia pun berpesan agar para pelajar saat ini lebih giat dalam mempelajari serta melestarikan Bahasa Bali yang menjadi bahasa ibu.

Ganinda juga berharap banyak inisiatif yang muncul dari para siswa, khususnya di Sakura dalam bidang seni bahasa dan sastra sehingga dapat meningkatkan prestasi dan mempertahankan nama baik SMA Negeri 1 Kuta Utara baik di tingkat kabupaten, provinsi, nasional, maupun internasional. (bp/jco/shema, zahra, lindya, nella)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!