Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Kolaborasi Unud-UI dalam Seminar Hubungan Internasional Manfaat Strategis Presidensi G20

Kolaborasi Unud-UI dalam Seminar Hubungan Internasional Manfaat Strategis Presidensi G20 

 

JIMBARAN, Balipolitika.com– Pada tanggal 31 Agustus 2022, Prodi HI Unud mengadakan seminar bertajuk “Manfaat Strategis Presidensi G20 Bagi Tujuan Ekonomi Politik Indonesia di Kancah Global.” Dua pembicara yang diundang, yakni Asra Virgianita, Ph.D. (Koorprodi HI, Universitas Indonesia) dan Ni Nyoman Clara Listya Dewi, S.IP., MA. (Dosen HI, Universitas Udayana), memaparkan materi tentang posisi Indonesia yang dinilai memiliki pengaruh besar dalam konstelasi ekonomi-politik global, khususnya pada momen Presidensi G20. Selain dipercaya sebagai tuan rumah forum G20, Indonesia juga dapat memanfaatkan presidensi ini untuk meningkatkan citra negara sebagai tempat yang aman, dan terbuka bagi ladang perekonomian global.

Beberapa agenda G20 yang turut dibawakan pembicara adalah Global Health Architecture, Digital and Economic Transformation, dan Energy Transmission. Lebih lanjut terkait isu kesehatan global, perencanaan pendistribusian vaksin bagi seluruh negara dan kerja sama dalam pengadaan vaksin menjadi prioritas agenda internasional. Indonesia turut berkontribusi melalui upaya diplomasi ‘tangan di atas’ dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, topik mengenai optimalisasi teknologi digital dan reliable energy merupakan tantangan yang harus dihadapi Indonesia untuk direalisasikan, sehingga ke depannya dinilai mampu mengarahkan dunia menjadi lebih baik.

Sesi tanya-jawab dengan peserta seminar dimoderatori oleh Dosen HI Unud, Putu Ratih Kumala Dewi, S.H., M.Hub.Int. Acara yang dihelat di Aula Kampus FISIP Sudirman ini berlangsung kurang lebih empat jam, dan ditutup dengan ringkasan materi keseluruhan. (bp/lit/www.unud.ac.id)

 

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!