Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

LPPM Unud Gelar Pengabdian Masyarakat di Nusa Penida

DIGITALISASI: Semangat pelaksanaan seminar bertemaMengembangkan Desa Wisata Digital untuk Membentuk Kemandirian Desa di Nusa Penida Klungkung” oleh LPPM Universitas Udayana. 

 

NUSA PENIDA, Balipolitika.com Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana ikut serta berpartisipasi untuk menyukseskan pelaksanaan Dies Natalis ke-61 Universitas Udayana.

Salah satunya dengan melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk seminar bertemaMengembangkan Desa Wisata Digital untuk Membentuk Kemandirian Desa di Nusa Penida Klungkung” ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Ni Wayan Gita Sadhana Savitri, Duta Digital Kemendes PDTT, Kabupaten Gianyar dan Kadek Darmayasa Karang Wakil Ketua Bidang Kelembagaan, Pemerintah, SDM, Humas & IT, DPD ASITA BALI, Founder D’Karang Eco Lounge.

Tujuan dari kegiatan pengabdian adalah untuk meningkatkan gairah pengembangan desa wisata di daerah Nusa Penida menggunakan kemajuan teknologi digital dan internet.

Di antaranya dengan mengembangkan media promosi berbasis digital (Digital Merketing) serta memberikan inspirasi tentang penggunaan teknologi pada pembangunan desa secara umumnya.

Dengan mengundang 4 orang perangkat desa dari perwakilan semua desa di kecamatan Nusa Penida, diharapkan kegiatan pengabdian ini bisa memberikan manfaat untuk kemajuan pariwisata di Nusa Penida.

Saat diwawancarai secara langsung di lokasi pengabdian, Prof Nyoman Suarsana menerangkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini melibatkan 14 desa di Nusa Gede dan seluruh mahasiswa KKN yang ada di Nusa Penida di mana seluruh partisipan ini sangat antusias selama kegiatan pengabdian ini berlangsung, sehingga apa yang menjadi tujuan pengabdian diharapkan dapat terwujud dengan baik.

Lebih lanjut ditemui di sela- sela kegiatan Ni Wayan Gita Sadhana Savitri menerangkan bahwa pelaksanaan kegiatan pengabdian yang berfokus pada pengembangan desa wisata digital merupakan hal yang sangat diperlukan untuk memperluas informasi bagi desa wisata agar mampu melahirkan inovasi – inovasi kreatif guna meningkatkan taraf kesejahteraan desa melalui pengembangan potensi yang mereka miliki.

Kemudian mamanfaatkan serta mengoptimalkan potensi desa melalui sistem informasi yang berkelanjutan, juga merupakan langkah yang besar guna mengintegrasikan sumberdaya yang tersedia dan memberi solusi atas hambatan atau permasalahan yang kerap kali terjadi. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!