Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

BKR Melati Desa Tegal Harum Denpasar Jadi Percontohan di Bali

DIVERIFIKASI: Desa Tegal Harum kembali menorehkan prestasi emas. Kali ini, desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Denpasar Barat itu masuk 3 besar dalam Apresiasi Bina Keluarga Remaja (BKR) Percontohan Provinsi Bali Tahun 2024.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Desa Tegal Harum kembali menorehkan prestasi emas. Kali ini, desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Denpasar Barat itu masuk 3 besar dalam Apresiasi Bina Keluarga Remaja (BKR) Percontohan Provinsi Bali Tahun 2024.

Adapun BKR perwakilan Desa Tegal Harum itu berasal dari BKR Melati Dusun Bhuana Merta.

Tim BKR tersebut mengikuti tahapan verifikasi di kantor Desa Tegal Harum, Minggu, 31 Maret 2024.

Perbekel Desa Tegal Harum, I Komang Adi Widiantara menjelaskan pada sesi verifikasi yang dilakukan oleh pihak BKKBN Provinsi Bali.

BKR Melati harus melalui beberapa tahapan, antara lain, presentasi, tanya jawab, dan juga verifikasi berkas administrasi.

“Hari ini, kami mengikuti sesi verifikasi 3 besar dalam Apresiasi Bina Keluarga Remaja (BKR) Percontohan Provinsi Bali Tahun 2024. Tentu ini merupakan kebanggan tersendiri bagi kami, karena adik adik remaja dari BKR Melati Dusun Bhuana Merta bisa masuk dalam tahapan ini,” paparnya.

Adi Widiantara juga menjelaskan prestasi yang diraih ini tak terlepas dari sinergitas Pemerintah Desa Tegal Harum dan jajaran dusun-dusun di bawahnya untuk terus mendukung langkah nyata dalam mewujudkan Program Bangga Kencana guna mendapatkan keluarga berkualitas.

Salah satu upayanya adalah, secara aktif melakukan kegiatan Posyandu Tribina yaitu BKB (Bina Keluarga Balita), BKR (Bina Keluarga Remaja), dan BKL (Bina Keluarga Lansia) di Desa Tegal Harum.

Lebih dari itu, ia juga menyebutkan, Pemerintah Desa Tegal Harum selalu berkomitmen menyukseskan program-program yang bertujuan mewujudkan ketahanan keluarga salah satu diantaranya kegiatan kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR) Melati.

“Diharapkan dengan adanya verifikasi kelompok BKR Percontohan Tingkat Provinsi tahun 2024, maka keberadaan BKR akan semakin maju dan berkembang sebagai wadah pelatihan remaja agar terarah dan berkualitas dalam upaya mendukung terwujudnya Generasi Emas 2045,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas P3AP2KB Kota Denpasar, I Gusti Agung Sri Wetrawati yang ikut mendampingi saat proses verifikasi menyampaikan BKR sendiri merupakan program strategis dalam upaya menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam lingkungan masyarakat.

“Program BKR merupakan upaya meningkatkan pengetahuan, sikap, dan ketrampilan orang tua dan anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang anak dan remaja secara seimbang melalui komunikasi efektif antara orang tua dan anak remaja. Dalam hal ini, Pemkot Denpasar melalui Dinas P3AP2KB terus mengupayakan agar program BKR ini bisa dijalankan hingga ke tingkat desa atau kelurahan untuk menyiapkan generasi berkualitas,” ungkapnya. (bp/ken)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!