Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Tarung ke DPRD Bali, Gung Cok Siap Mabraya dengan Nafas Persaudaraan 

CALEG BERKUALITAS: Sosok Anak Agung Bagus Tri Candra Arka (kanan) Caleg DPRD Bali nomor urut 2 dari Partai Golongan Karya (Golkar) Dapil Badung saat mengawal atlet-atlet Provinsi Bali meraih prestasi gemilang di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 Papua. 

 

BADUNG, Balipolitika.com- Anak Agung Bagus Tri Candra Arka dinilai merupakan Calon Legislatif (Caleg) DPRD Bali paling komplit di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 Dapil Badung yang hasilnya ditentukan pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang. 

Berstatus Caleg DPRD Bali nomor urut 2 dari Partai Golongan Karya (Golkar) Dapil Badung, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka berkompetisi merebut aspirasi masyarakat berbekal prestasi gemilang di dunia pariwisata dan olahraga. 

Buktinya, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka menjadi sosok paling bersinar di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 Papua. 

Sosok kharismatik asal Desa Kerobokan, Badung itu total menyumbangkan 7 emas, 3 perak, 4 perunggu di PON XX Tahun 2021.

Selain mempersembahkan medali emas pertama bagi Kontingen Bali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka yang mengemban amanat sebagai Ketua Umum Pengprov Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Bali juga mengantarkan Cricket Bali juara umum PON XX Papua dengan raihan 3 emas, 2 perak 1 perunggu. 

Dari cabang olahraga tarung derajat, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka yang dipercaya menjabat Sekretaris Umum Pengprov Kodrat Bali sekaligus Manajer Tim Tarung Derajat Bali mempersembahkan 4 emas, 1 perak, dan 3 perunggu. 

Dukungan moral dan spiritual dari sosok Anak Agung Bagus Tri Candra Arka ini mengantarkan kemenangan mutlak petarung Andre Surya atas Eko Yusuf Sodik Putra asal Jawa Barat di kelas 75,1-80 kg. 

Rudi Nurudin mengalahkan Lukman Hakim dari Kepulauan Riau di kelas 55,1-58 kg putra. 

Gede Dicky Handika Putra yang turun di kelas 58,1-61 kg putra mengalahkan Andika Dwiki Arislan asal Jawa Barat di final. 

Emas lain disumbangkan I Made Ardi Arimbawa menang TKO atas Muhammad Rizki Firdaus asal Sumatera Utara di kelas 64,1-67 kg. 

Berkat tangan dingin Anak Agung Bagus Tri Candra Arka, Kodrat Bali dikukuhkan sebagai runner up cabang olahraga Tarung Derajat PON XX Papua di Gedung Serba Guna (GSG) Eme Neme Yauware, Mimika, Papua, Selasa, 12 Oktober 2021 silam.

Untuk mendukung kiprah para atlet Bali, khususnya asal Badung, total selama 15 hari Anak Agung Bagus Tri Candra Arka berada di Papua memberikan dukungan moral demi menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 sekala niskala.

Prestasi Anak Agung Bagus Tri Candra Arka di bidang pariwisata juga tidak perlu diragukan lagi pasalnya perusahaan yang ia pimpin menjadi sandaran hidup bagi banyak keluarga, khususnya masyarakat Badung.

Bertarung di Pemilu Legislatif 2024 yang hasilnya ditentukan pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka mengaku tidak terlepas dari niatan tulus untuk berbuat lebih banyak dan luas bagi masyarakat Kabupaten Badung berbekal kompetensi yang ia kuasai.

Kepada redaksi balipolitika.com, putra bungsu politisi sepuh Golkar, almarhum I Gusti Ketut Adhiputra itu mengaku dorongan untuk kembali maju di Pemilu 2024 tidak terlepas dari kegagalan di Pileg 2019 silam. 

Di mana 5 tahun silam, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka terkendala waktu yang sangat pendek.

Saat itu, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka pribadi memang tidak ada arah terjun ke panggung politik, melainkan lebih pada komitmen mengabdi di bidang olahraga dan pariwisata. 

“Di bidang pariwisata, saya ingin membuktikan bahwa sumber daya manusia (SDM) generasi muda Badung, khususnya Badung Utara mampu menunjukkan kualitas. Hasilnya, saat saya rekrut di perusahaan saya sendiri, anak-anak muda dari Kecamatan Abiansemal yang merupakan kawasan perkebunan dan peternakan ternyata setelah diberikan kesempatan mereka mampu membuktikan diri bisa bersaing dan memiliki keahlian hingga sukses di bidang pariwisata,” ucap Anak Agung Bagus Tri Candra Arka diwawancarai, Kamis, 14 Desember 2023.

“Saya selaku pengusaha pariwisata sudah membuktikan bahwa yowana atau generasi muda Kabupaten Badung, khususnya di Badung Utara mampu bersaing dengan yowana Badung Selatan di sektor pariwisata meskipun karakter lingkungan masing-masing sangat jauh berbeda,” imbuh pria murah senyum ini.

Di bidang olahraga, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka terbukti konsisten memasyarakatkan olahraga guna mencetak generasi muda yang kuat dan tangguh. 

Komitmen di bidang olahraga ini ia tunjukkan dengan menjalankan amanah sebagai Kabid Binpres KONI Badung dan Kabid Binpres KONI Bali. 

“Hal-hal kecil yang saya lakukan ini rupanya dilirik oleh masyarakat sehingga saya didorong untuk mewakili mereka sebagai wakil rakyat di DPRD Bali. Padahal jujur saya pribadi tidak ada tujuan untuk mengambil jabatan lewat jalur politik. Namun, kondisi di Badung saat itu (2019, red) memang Partai Golkar kekurangan caleg. Akhirnya saya yang saat itu tidak berkonsentrasi di partai politik karena fokus mengembangkan bisnis pariwisata dan memasyarakatkan olahraga, khususnya tarung derajat dan kriket terpanggil untuk menerima pinangan masyarakat pendukung saya. Kesempatan menjadi caleg itu akhirnya saya terima,” kenang Anak Agung Bagus Tri Candra Arka.

Anak Agung Bagus Tri Candra Arka menekankan perjalanan di Pileg 2019 hingga Pileg 2024 saat ini berbekal kompetensi di bidang yang ia geluti, yakni olahraga dan pariwisata serta konsep mabraya dengan nafas persaudaraan. 

“Di Pileg 2019 saya tekankan kepada para braya pendukung saya bahwa jadi atau tidak jadi, terpilih atau tidak terpilih sebagai anggota DPRD Bali, kami tetap menyama, mabraya, bersaudara. Itulah yang berlanjut hingga hari ini,” ungkap pria yang juga dipercaya sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Provinsi Bali masa bakti 2022-2027.

Gayung bersambut, pasca pandemi Covid-19, setelah pembatasan kegiatan masyarakat dicabut karena status pandemi berubah jadi endemi, komitmen masyarakat Badung di Pileg 2019 untuk mendukung Anak Agung Bagus Tri Candra Arka, Caleg DPRD Bali nomor urut 2 dari Partai Golongan Karya (Golkar) semakin kuat.

“Terus terang, meskipun belum beruntung di Pileg 2019, saya tidak merasa kalah waktu itu. Karena meskipun tertunda mengawal aspirasi masyarakat lewat parlemen DPRD Bali, saya merasa menang karena braya atau saudara saya bertambah. Saat ini, mabraya inilah yang saya jalankan berbekal 10.020 suara di Pileg 2019 silam. Semoga saya mampu menjawab kepercayaan masyarakat Badung di Pileg 2024 sekaligus mendapat kesempatan mengawal aspirasi mereka dengan duduk di DPRD Bali periode 2024-2029. Saya mohon dukungan masyarakat dan mari berjuang bersama demi Badung yang lebih baik dan bermartabat,” tegas Gung Cok- sapaan akrab Anak Agung Bagus Tri Candra Arka- sembari mengaku siap menerima aspirasi masyarakat Badung di sisa waktu kampanye yang tersedia. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!