Politik

1 Dekade, NasDem Bali Kuatkan Semangat Manyama Braya

NASDEM HADIR: Sekwil NasDem Bali, I Nyoman Winatha (3 dari kiri) bersama Ketua DPW Garda Pemuda NasDem Bali, Kadek Sujanayasa, Ketua Bappilu DPW Partai NasDem Bali, Anak Agung Ngurah Gede Widiada, dan Srikandi NasDem Bali, Luh Putu Nopi Seri Jayanti saat berada di lokasi bencana alam gempa bumi, 23 Oktober 2021 lalu.  

 

DENPASAR, BaliPolitika.Com– Aksi peduli lingkungan dan sosial kemanusiaan dipilih sebagai ritual perayaan satu dekade hadirnya Partai Nasional Demokrat (NasDem) di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Gerakan ini ditujukan untuk membangun kesadaran bersama agar segenap komponen masyarakat bisa lebih peduli pada keberlangsungan lingkungan hidup. 

Sebagai bentuk empati di masa pandemi Covid-19, Sekretaris Wilayah Partai NasDem Bali, I Nyoman Winatha menegaskan semarak hari ulang tahun NasDem ke-10 difokuskan pada aksi peduli sesama sesuai konsep Tri Hita Karana, yakni hubungan harmonis antara manusia dengan Tuhan (Parahyangan), hubungan harmonis antara manusia dengan manusia dengan manusia (Pawongan), dan hubungan harmonis antara manusia dengan lingkungan (Palemahan) dibalut semangat manyama braya: saling asah, asih, dan asuh. 

“HUT ke-10 NasDem, satu dekade membawa gerakan perubahan di jalan restorasi. Momen ulang tahun ke-10 Partai NasDem merupakan momen spesial di mana selama 10 tahun secara konsisten NasDem membawa gerakan perubahan di berbagai aspek kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ucap Winatha. 

Imbuhnya, HUT ke-10 NasDem diadakan di Akademi Bela Negara (ABN) NasDem rencananya akan dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pengurus DPP, dan Ketua DPW. Sedangkan untuk DPP-DPP akan mengikuti lewat daring dengan mengadakan pemotongan tumpeng bersama dan disiarkan langsung di berbagai saluran TV.

“Khusus untuk DPW NasDem Provinsi Bali, momentum HUT ke-10 NasDem juga merupakan momen khusus karena bertepatan dengan Hari Raya Galungan sebagai refleksi kemenangan Dharma melawan Adharma. Moment ini selaras sekali dengan spirit yang selalu digaungkan Partai NasDem, yakni  Gerakan Perubahan Restorasi Indonesia. NasDem Bali dengan tagline barunya, Bersatu Membangun Bali mengajak semua lapisan masyarakat untuk kembali membangkitan semangat menyama braya untuk membangun Bali mencapai kejayaan kembali, khususnya pasca pandemi-Covid 19,” jelas sosok pengusaha kelahiran Jembrana, Bali itu.

Ditambahkan Winatha, banyak hal positif yang telah dilakukan dan akan dilakukan Partai NasDem Bali serangkaian HUT NasDem ke-10. Di antaranya kegiatan donor darah, pembagian sembako, bersih-bersih pantai dan desa sekitar kantor DPW, kunjungan ke panti asuhan, dan sejenisnya.

“Momentum satu dekade Partai NasDem di Bali juga merupakan momentum untuk lebih meningkatkan soliditas Partai NasDem di Bali, penguatan struktur, baik di tingkat DPW, DPD, DPC, dan DPRt menyongsong Pemilu 2024. Kemenangan Partai NasDem adalah kemenangan masyarakat Indonesia, khususnya Bali. Mari bersatu membangun Bali bersama Partai Nasional Demokrat,” ajaknya dengan penuh semangat. 

Sebelumnya, dalam rangka memaknai Hari Sumpah Pemuda ke-93, 28 Oktober 2021, DPW Partai NasDem Bali mengumpulkan total 186 kantong darah dari 218 calon pendonor selama 2 hari, yakni Rabu (27/10/2021) dan Kamis (28/10/2021). Para pendonor mendapat apresiasi berupa bingkisan sembako usai mendonorkan darah. Menyikapi bencana gempa bumi di Bangli dan Karangasem, kader NasDem juga bahu-membahu memberikan bantuan kepada para korban dan masyarakat terdampak.

Ketua Satgas Pemuda Siaga Pandemi (PSP) Jilid II, Dr. Dewa Gede Adi Palguna, S.Ked menyatakan 186 kantong darah yang terkumpul didistribusikan langsung oleh PMI Provinsi Bali bagi masyarakat yang membutuhkan. Rincinya di hari pertama dari 102 pendonor yang mendaftar berhasil terkumpul 88 kantong darah. Sementara di hari kedua dari 116 calon pendonor berhasil terkumpul 98 kantong darah. Selain penerapan protokol kesehatan super ketat, pihaknya memastikan para pendonor sehat jasmani dan rohani sehingga punia darah yang diberikan akan sangat berguna bagi pasien. (bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker