Politik

1 Dekade, Garnita Malahayati Bali Fokus Kearifan Lokal

JAGA INDONESIA: Ketua DPW Garnita Malahayati Bali, Ida Ayu Ketut Candrawati, S.Sos. bersama Srikandi NasDem Bali, dan peserta fashion show Mom and Kids bertema casual etnik endek.

 

TABANAN, BaliPolitika.Com- Instruksi Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh agar setiap kader NasDem harus terus melahirkan keteladanan dalam kehidupan bermasyarakat disikapi Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Garnita Malahayati Bali dengan serius. Merayakan 10 tahun atau 1 dekade kelahiran Partai NasDem, sayap partai dengan warna kebanggan biru tua itu hadir lebih dekat dengan rakyat. Tak semata-mata urusan politik, melainkan juga terkait pendidikan dan kebudayaan, serta kemanusiaan. 

Hal ini disampaikan Ketua DPW Garnita Malahayati Bali, Ida Ayu Ketut Candrawati, S.Sos. Srikandi sekaligus Ketua Fraksi Partai Nasdem dan Anggota Komisi IV DPRD Tabanan itu menegaskan berbekal semangat satu dekade restorasi NasDem, Garda Wanita Malahayati hadir dalam upaya melindungi, mencintai, dan melestarikan warisan budaya kreatif masyarakat Pulau Dewata Bali.

“DPW Garnita Malahayati Bali menggelar fashion show Mom and Kids bertema casual etnik berupa endek. Selain mengenalkan warisan leluhur berupa endek kepada generasi muda, fashion show ini diharapkan mampu mewadahi sekaligus mengembangkan bakat anak-anak di tengah situasi sulit dan segala pembatasan akibat pandemi Covid-19. Tak hanya edukasi bagi peserta, diharapkan kegiatan ini juga bermanfaat bagi masyarakat umum,” ucap Ida Ayu Ketut Candrawati. 

Selain fashion show sekaligus edukasi endek yang dimenangkan oleh Kadek Tanaya (Batubulan, Gianyar), Ananda Winda (Badung), dan Dwi Wangga (Denpasar), Garnita Malahayati Bali juga menciptakan wadah mengasah kemampuan seni dan kreativitas anak-anak melalui kegiatan menggambar atau melukis. Kegiatan ini bertema keluarga. Anak-anak diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk menyampaikan perasaannya tentang keluarganya masing-masing. 

“Anak-anak membuat gambarnya sendiri sesuai imajinasinya. Anak-anak tentu akan menjadi kreatif apabila distimulasi sejak dini. Tema gambarnya family. Memperlihatkan perasaan bahwa anak dekat dengan anggota keluarganya,” jelas wanita yang akrab disapa Dayu Candra itu.

Ditambahkan Dayu Candra, satu dekade Partai NasDem kian menguatkan sinergitas DPW Garda Pemuda Bali dan DPW Garda Wanita Bali sebagai sayap Partai NasDem di dalam mengimplementasikan jargon Bersatu, Berjuang, Menang. Ia menggarisbawahi kemenangan yang dimaksud adalah kemenangan masyarakat Indonesia dalam iklim demokrasi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. NasDem adalah partai terbuka berlandaskan Pancasila yang memberi ruang tumbuhnya perbedaan pendapat demi tujuan bersama, yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Sebagaimana dikatakan Sekretaris DPW NasDem Bali, I Nyoman Winatha HUT ke-10 NasDem merupakan momen khusus karena bertepatan dengan Hari Raya Galungan sebagai refleksi kemenangan Dharma melawan Adharma. Moment ini selaras sekali dengan spirit yang selalu digaungkan Partai NasDem, yakni  Gerakan Perubahan Restorasi Indonesia. NasDem Bali dengan tagline barunya, Bersatu Membangun Bali mengajak semua lapisan masyarakat untuk kembali membangkitan semangat menyama braya untuk membangun Bali mencapai kejayaan kembali, khususnya pasca pandemi-Covid 19.

Satu dekade Partai NasDem merupakan momentum untuk lebih meningkatkan soliditas Partai NasDem di Bali, penguatan struktur, baik di tingkat DPW, DPD, DPC, dan DPRt menyongsong Pemilu 2024. Kemenangan Partai NasDem adalah kemenangan masyarakat Indonesia, khususnya Bali.

Sebelumnya, dalam rangka memaknai Hari Sumpah Pemuda ke-93, 28 Oktober 2021, DPW Partai NasDem Bali mengumpulkan total 186 kantong darah dari 218 calon pendonor selama 2 hari, yakni Rabu (27/10/2021) dan Kamis (28/10/2021). Para pendonor mendapat apresiasi berupa bingkisan sembako usai mendonorkan darah. Menyikapi bencana gempa bumi di Bangli dan Karangasem, kader NasDem juga bahu-membahu memberikan bantuan kepada para korban dan masyarakat terdampak.

Ketua Satgas Pemuda Siaga Pandemi (PSP) Jilid II, Dr. Dewa Gede Adi Palguna, S.Ked menyatakan 186 kantong darah yang terkumpul didistribusikan langsung oleh PMI Provinsi Bali bagi masyarakat yang membutuhkan. Rincinya di hari pertama dari 102 pendonor yang mendaftar berhasil terkumpul 88 kantong darah. Sementara di hari kedua dari 116 calon pendonor berhasil terkumpul 98 kantong darah. Selain penerapan protokol kesehatan super ketat, pihaknya memastikan para pendonor sehat jasmani dan rohani sehingga punia darah yang diberikan akan sangat berguna bagi pasien. (bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker